Manado, Selasa (30/05). Sebanyak 36 pejabat di lingkup Pemerinah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengikuti proses seleksi terbuka jabatan tinggi pratama. Mereka akan memperebutkan 9 kursi eselon dua, yang saat ini dijabat pelaksana tugas. Dari 36 Pejabat tersebut, 8 diantaranya menjabat Kepala Bagian di Sekretaris Daerah Mitra.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Berty Sandag SE ME, mengatakan, seleksi ini merupakan salah satu tahapan lelang terbuka yang dilaksanakan panitia seleksi (Pansel). Ini sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Juga berdasarkan Peraturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Instansi Pemerintahan.

Sandag menjelaskan, tahapan yang diketuai oleh Sekda Mitra Ir Farry Liwe ini, akan menyaring 36 pejabat yang nantinya ada 27 pejabat yang lulus. Nama-nama yang lulus seleksi akan diserahkan ke BKN dan akan dilakukan tes oleh asesor dari BKN, yang direncanakan dilaksanakan Tanggal 8 Juni. Selanjutnya, hasil tes asesor dari Badan Kepegawaian Nasional akan diserahkan ke Bupati dan akan dipilih siapa-siapa nantinya yang akan menduduki 9 jabatan yang dilelang. Dimana setiap jabatan yang dilelang terdapat tiga nama, nantinya Bupati yang akan menunjuk siapa yang akan menempati jabatan tersebut.

© 2017, Teddy Rugian. All rights reserved.