RATAHAN – Tepatnya pada tanggal 25 September 2022, Bupati James Sumendap SH.MH genap 9 tahun memimpin Kabupaten Minahasa Tenggara (2013-2022) dan 4 tahun kepemimpinan James Sumendap-Jocke Legi (JS-JL) periode 2018-2022.

selama 9 tahun memimpin daerah yang masih tergolong mudah ini, Bupati James Sumendap, berhasil menorehkan berbagai penghargaan dan capaian yang tentu bukan hal yang mudah diraih.

Bahkan Bupati James Sumendap yang di cetus bapak pembangunan Mitra, bole mengeluarkan daerah ini dari jeratan opini Discklemer BPK RI menjadi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Tak sampai disitu, Pilkada tahun 2018 Bupati James Semendap kembali memimpin Mianahaa Tenggara untuk ke dua kalinya, berpasangan dengan Wakil Bupati Drs Jocke Legi, dan menyabet prestasi dan penghargaan yang kuar biasa dari Pemerintah Pusat.

Bahkan, JS-JL telah berhasil memberantas korupsi dengan mengandeng Aparat Penegak Hukum (APH), serta menata pengelolaan keuangan dengan baik, hingga Pemkab Mitra boleh meraih WTP yang tujuh kali berturut dari Badan Pengeloalaan Keuangan (BPK).

Selain itu, berkat tangan dingin Bupati JS Kabupaten Mitra bole mendulang prestasi
prestasi baik pembangunan hingga hingga sistem birokrasi dan salah satu daerah yang menjadi contoh dalam memutus mata rantai Covid-19.

Di 9 tahun kepemimpinan Bupati James Sumemdap, serta 4 tanun JS-JLpada, Selasa 27 September 2022, kemarin Bupati resmi menyelesaikan pendidikan di Universitas 17 Agustus 1945, dengan menyandang gelar Magister program studi Hukum.

Dalam sambutannya mewakili seluruh mahasiswa pascasarjana, Bupati mengatakan jika saat ini kita bukan lagi mitra pendidikan melainkan kita sudah sebagai bagian dari UTA’45.

“Kita patut berbangga karena saat ini kita sebagai alumni bukan lagi bagian dari mitra pendidikan, melainkan sebagai bagian dari universitas,” ujar Bupati.

Bupati pun mengatakan, sebagai alumni dirinya patut berbangga karena telah mendapat ilmu dari para orang-orang hebat dan memiliki kresibilitas yang tinggi selama belajar di UTA’45.

“Kita akan menjadi yang terbaik dan luar biasa untuk NKRI. Merdeka, merdeka, merdeka,” tutup Bupati

© 2022, DiskominfoSP Mitra. All rights reserved.