Bupati Hadiri Milad ke-108 Hijriyah Muhammadiyah

Ratahan , Mitrakab.go.id, Bupati Mitra James Sumendap,SH menghadiri Milad ke-108 Hijriyah Muhammadiyah di Belang.

Ketua panitia Milad ke-108 Muhammadiyah Zulkarnaen Tadore,MPd  dalam laporannya manyatakan atas nama Pimpinan daerah dan warga Muhammadiah Mitra memberikan apresiasi  dan ucapan terima kasih kepada Bupati atas perhatian kepada organisasi dan warga Muhammadiyah Mitra dan tetap Berkomitmen mendukung kepemimpinan bupati yang telah memberi bukti lewat program keberpihakan kepada kesejahteraan rakyat Mitra.

Hal ini dibuktikan dengan sejumlah program yang menyentuh langsung kepada rakyat diantaranya bantuan dana duka,seluruh masyarakat Mitra di cover BPJS kesehatan, insentif lansia,insentif pendeta gembala imam masjid,bea siswa,bantuan untuk rumah ibadah,pembangunan pasar ditiap kecamatan,puskesmas,infrastruktur yang mumpuni serta sejumlah program yang di rasakan langsung masyarakat serta mendoakan Bupati untuk melanjutkan kepemimpinan.

Sekretaris wilayah Muhammadiyah Sulut Drs.Nazry Sakamole mengajak warga Muhammadiyah Mitra memberikan kontribusi nyata dan membantu pemerintah Mitra lewat kepemimpinan Bupati Mitra James Sumendap,SH untuk mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera. Serta terus mendorong warga Muhammadyah menjadi pelopor kerukunan antar umat beragama dimana saja berada. “Terima kasih atas perhatian Bupati terhadap warga muhammadiyah, dan terus membangun Mitra untuk lebih maju dan sejahtera” tambah Sakamole .

Bupati dalam sambutan mengatakan bahwa sejak terbentuk 108 tahun lalu ada tiga poin penting untuk dicermati selaku warga Muhammdiyah pertama mereka melakukan dakwah dan meluruskannya. Kemudian dua poin pokok dari pendiri Muhammadiah Moh Dahlan yakni pendidikan dan kesehatan, merefleksikan bahwa pendidikan adalah yang paling utama dan dakwah adalah yang paling hakiki, “ hal ini tidak boleh dipisahkan,demikian pula dengan kesehatan dimana dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat, sehingga pendidikan dan dakwah dapat dijabarkan dengan baik apabila kita memiliki hidup yang sehat” lanjut Bupati.  Berdakwah merupakan hal yang wajib tapi tak terlepas dari pendidikan untuk persaingan dan kesehatan untuk eksistensi hidup, jadi warga Muhammadiyah saat ini diharapkan agar tetap berdakwah tanpa memgesampingkan pendidikan dan kesehatan , “hari ini Muhammadiyah yang ada dengan jutaan umat, khusus warga Muhammadiyah Mitra harus terdepan dalam pendidikan dan terus berdakwah tanpa membelokan ajaran yang dianut” tutur Bupati.

Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan bantuan hibah pemkab Mitra yang diserahkan lansung oleh bupati kepada Kisman Halla perserikatan Muhammadiyah daerah Mitra 500 juta rupiah untuk pembangunan fisik/konsolidasi perserikatan muhammadiyah Mitra. Bupati juga menerima cenderamata dari Perserikatan Muhammadiyah dan Aisiyah Mitra

Hadir pula ketua DPRD Drs Tavif Watuseke, Wakil ketua DPRD Tonny Lasut,anggota DPRD Sammy Pongilatan,Kisman Halla,SE yang juga pimpinan daerah Muhammadiyah Mitra,Suparti Logor, Alkindi Bilfaqi,Suryani Tora,para asisten,pejabat pemkab, sekretaris wilatah Muhammadiyah Sulut Drs.Nazry Sakamole,Pimpinan wilayah Aisyiyah Sulut Rahmayati Bidulang,SE,Pimpinan Aisiyah Mitra Djumriaty Bidulang,SPdi,ketua MUI Mitra Ishak Ntoma,Ketua NU Mitra Nazarudin Manosoh, calon wakil bupati Mitra Drs Jesaya Joke Legi, tomas Belang serta tokoh agama Mitra,pihak TNI/Polri,sejumlah Ormas islam.

Rapat Koordinasi Kabupaten Mitra 2018

Ratahan, mitrakab.go.id –  Rakor Evaluasi Pembangunan  sebagai sarana monitoring dan evaluasi terhadap semua kegiatan pembangunan Rabu 10/01/2017 digelar  di Lamet, Rakor diikuti oleh Bupati,  para Assisten, seluruh Pimpinan OPD, Camat ,Sekretaris  Kepala Bagian dan Kepala Bidang di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara.

Rapat ini  membahas tentang program tahun 2018, evaluasi kinerja, penjabaran program, kesiapan pemeriksaan BPK. Dalam Rapat arahan Bupati Pejabat ess. II, III, IV harus menunjukan manegerial kepemimpinan, kepiawaian memimpin , tugas dan fungsi harus ada di meja pimpinan. Bupati juga menyoroti kinerja yang terlalu lama dalam penyelesaian , ia berharap semua pekerjaan harus tuntas. “Belajar menjadi seorang pemimpin harus membereskan semua  harus selalu melakukan rapat, sudah tidak ada lagi apel mulai esok, setiap hari harus ada meting dan briefing, lebih profesional lagi membahas pekerjaan dan tupoksi masing masing, tuntas atau belum, progres report setiap hari terkait tupoksi apa yang dikerjakan,setelah jam 8 pagi langsung meting dan briefing dalam bentuk coffe morning mulai januari ini” Tegas Bupati.

 

 

 

 

Bupati Pimpin Apel Perdana 2018

Ratahan, mitrakab.go.id – Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap,SH memimpin langsung apel perdana pasca liburan Natal dan Tahun baru   yang juga dihadiri Wakil Bupati Ronald Kandoli,Sekrertaris daerah Kabupaten Minahasa Tenggara ,Para Asisten,pejabat pemkab serta seluruh ASN Pemkab Mitra pada Rabu 03/01/2018

Diawal sambutanya Bupati  menyatakan Tahun 2018 ini adalah tahun pengharapan dan kepastian karena dimana ada harapan disitu ada kepastian dan yang kita yakini disitu semua harapan mempunyai kepastian”.

“Menapaki tahun 2018 ini hendaklah kita bersama mengintropeksi diri serta merefleksikan diri kita apa yang telah lakukan di tahun 2017 dan membuat perencanaan apa yang hendak kita lakukan di tahun 2018 ini”.

“Saya yakin dan percaya di tahun 2018 ini saudara saudara tidak akan mengalami masa sulit tidak akan mengalami problem, karena semua yang saudara hadapi dan kerjakan sudah melalui sebuah perencanaan yang matang, pertama yang harus dilakukan kepala Perangkat Daerah (PD) harus segera membedah perencanaan yang dibuat melalui RKPD supaya kepala PD tidak bertanya lagi apa program yang akan di jalankan,mari sama sama belajar agar program dapat dijalankan dengan baik dan benar ujarnya.

Bupati menambahkan bahwa Rencana APBD 2018 dibuka dan dibicarakan dan dirapatkan serta memberi kesempatan kepada bawahan untuk memberikan masukan, langkah awal kerja kita agar supaya mengerti memahami apa yang yang tertuang dalam rencana kerja PD itu. Dalam Pilkada nanti Bupati berharap ASN harus netral.

“Mari dukung Undang-Undang Pilkada tapi gunakan hak politik anda sesuai hati nurani Semangat sangat penting dan jaga netralitas tuturnya.

Bupati mengucapkan Terima kasih karena para ASN telah menunjukan loyalitas dan dedikasi yang luar biasa,  “anda adalah orang orang terbaik saya orang orang hebat karena prestasi/pengharggaan  saya raih selama ini serta pencapaian Mitra sehingga disegani tak lepas dari peran saudara saudara serta doa masyarakat Minahasa Tenggara”.

Sehabis apel diserahkan secara simbolis  santunan jaminan  kematian dari BPJS ketenaga kerjaan  (Untuk BPD, Perangkat Desa & Tenaga Honerer) Oleh Bupati    dengan klaim asuransi Nominal Rp. 24.000.000 kepada ahli waris.

 

Pembukaan Bursa Inovasi Desa kab.Mitra

Ratahan, mitrakab.go.id – Pemkab Minahasa Tenggara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) setempat, Rabu Kamis 28/12/2017, menggelar Bursa Inovasi Desa.

Dalam sambutan Bupati Minahasa Tenggara yang diwakili oleh Asisten III Drs. Piether D.Owu, ME mewakili bupati Minahasa Tenggara membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa Kab.Mitra Sport Hall Kantor Bupati.

Di awal sambutannya Assisten III mengatakan bahwa” kita tahu bersama bahwa bursa inovasi desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa di lingkup kabupaten lebih khusus di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Kiranya lewat bursa inovasi desa dapat menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif. Ia berharap kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan. Sehingga apa yang didapat pada acara tersebut dapat diimplementasikan di gampong masing-masing sesuai dengan potensi sumber daya yang ada.

Sememtara itu kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs.Jotje Wawointana melaporkan bahwa  kegiatan-kegiatan yang akan dipamerkan dalam Bursa Inovasi Desa yakni kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa yang bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa.

Kegiatan diikuti para Camat, Hukum Tua, Pendamping Kecamatan dan Pendamping Desa.

 

 

 

 

 

Bupati hadiri Syukur HUT ke 154 Jemaat PNIEL Liwutung

Bupati James Sumendap,SH beribadah dalam Safari Natal Pemkab Mitra dirangkaikan dengan Syukur HUT ke 154 Jemaat PNIEL Liwutung,Jumat(22/12)

Dalam KEsempatan tersebut Bupati mengatakan  dalam HUT ke-154 ini sekiranya Jemaat menjadi lebih dewasa dalam perjalananan berjemaat maupun dalam pelayanan, membangun iman agar lebih kokoh dan selalu mengucap syukur kepada Tuhan. Bupati mengajak dalam merayakan Natal agar semua hidup dalam damai dan saling mengasihi satu sama lain.

Hadir dalam kegiatan Safari Natal kali ini yaitu Ketua DPRD Drs Tavif Watuseke, Anggota DPRD Vocke Ompi,Sammy Pongilatan,Asisten I Drs G.H Mamahit,Danramil Ratahan,pejabat Pemkab.

 

 

MITRA Raih Penghargaan Satyalencana Kebaktian Sosial

Surabaya, mitrakab.go.id – Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mewakili Presiden Joko menyerahkan Satya Lencana Kebaktian Sosial kepada Bupati Minahasa Tenggara  James Sumendap dalam acara Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2017 di  Lapangan Kodam V Brawijaya Kota Surabaya Jawa Timur, Rabu (20 Desember 2017).

Bupati dianugerahi penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden Republik Indonesia, yang disematkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani,disaksikan Menteri Sosial Kofifah Indar Parawangsa serta Gubernur Jawa Timur DR.H Sukarwo.

Berdasarkan penilaian dari pemerintah pusat, Bupati layak mendapatkan penghargaan tersebut karena dianggap berhasil melakukan pembangunan kesejahteraan, serta penangangan masalah sosial secara tepat dan terarah seperti pemenuhan kebutuhan bagi anak yatim-piatu,penyandang  disabilitas bahkan secara khusus memberikan perhatian lewat memberikan insentif bagi kelompok masyarakat manusia usia lanjut di atas usia 65 tahun yang merupakan program pertama di republik ini.

Selain itu program pemberdayaan masyarakat, dan penguatan pilar-pilar dalam peningkatan kesejahteraan sosial serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menyiapkan program baik sarana, infrastruktur, dan jaminan kesehatan.

Bupati pun berkomitmen untuk terus menyiapkan program dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial kepada masyarakat, seperti memberikan jaminan kepada seluruh rakyat Kabupaten Minahasa Tenggara dengan BPJS Kesehatan, dan insentif bagi para kelompok masyarakat lanjut usia.

“Peningkatan kesejahteraan sosial akan terus kami programkan, karena itu sudah menjadi komitmen. Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara hadir dan terus berupaya mewujudkan hal tersebut demi menuju masyakarat yang sejahtera,” ujar Bupati. Bupati menambahkan, penghargaan yang diterimanya tersebut dipersembahkan dan didekasikan bagi seluruh rakyat Minahasa Tenggara.

“Penghargaan ini saya persembahkan secara khusus bagi rakyat saya. Serta semua pihak yang berperan aktif sehingga terwujudnya kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat Kabupaten Minahasa Tenggara,” tuturnya.

Penghargaan tersebut diterima Bupati berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 126/TK/TAHUN 2017 Tentang penganugerahan tanda kehormatan Satya lencana Kebaktian Sosial.

Bupati Resmikan menara gereja GMIM Sion Lobu

Touluaan, mitrakab.go.id – Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap,SH meresmikan menara Gereja GMIM Sion Lobu Wilayah Tombatu Barat,Kamis 14/12/2017.

Bupati dalam sambutannya meminta seluruh Jemaat selalu mendukung pembangunan Gereja dan bersama sama bahu membahu menyelesaikan segala pembangunan Gereja disamping itu juga tak melupakan pembangunan iman Jemaat. “Karena Gereja ini merupakan Gereja yang mula mula setelah ada pemekaran maka gereja ini kiranya akan terus berkembang dengan semangat melayani ungkap” Bupati.

Di akhir sambutannya Bupati berharap kiranya Jemaat menjadi pribadi pribadi yang tau berterima kasih dan selalu mengucap syukur,” dalam rangka menyambut natal mari kita menjadi manusia baru, baku baku bae semua,yang lalu biarlah berlalu karena sesungguhnya kehidupan baru akan datang untuk kita jalani”. Pada kesempatan itu Bupati memberikan sumbangan 100 juta rupiah untuk kelanjutan pembangunan.

Turut hadir Hadir pada kesempatan itu ketua DPRD Drs Tavif Watuseke,Wakil ketua DPRD Katrien Mokodaser, Anggota DPRD Sammy Pongilatan, Pdt.Sonni Mandagi,sekda Ir.Farry F.Liwe, Perwira Penghubung Kodim 1302 Minahasa Mayor F.Kallo, Kapolsek Touluaan, Para Pendeta, serta pejabat Pemkab Minahasa Tenggara.

 

 

Bupati Kukuhkan kepengurusan Kerukunan Keluarga Minahasa Tenggara Kalimantan Timur

Bupati James Sumendap,SH mengukuhkan kepengurusan Kerukunan Keluarga Minahasa Tenggara Kalimantan Timur di  Hakaya Plaza Balikpapan Pada Sabtu 09/12/2017

Dalam pengukuhan pengurus KKMT  juga menjadi ajang silahturahmi atau ajang baku dapa antara saya selaku pemerintah dengan warga Mitra di perantauan.  Dalam Sambutannya Bupati mengatakan  sudah merupakan tanggung jawab  selaku Bupati bagi masyarakat Mitra di perantauan,  karena biar bagaimanapun kaluan merupakan warga Mitra tapi sudah menetap di luar daerah dan beranak cucu. Pesan Bupati agar warga mitra di Kaltim baku baku bae,saling menunjang dan jangan pernah melupakan kampung halaman. “Perkumpulan seperti KKMT ini merupakan hal positif dimana kita selaku warga Mitra di perantauan biarpun saling berjauhan tempat tinggal akan tetapi dikarenakan ada perkumpulan ini menjadi saling bertemu berkumpul guna mempererat tali persaudaraan dan saling berkomunikasi”. Ujar Bupati

Ketua  KKMT Kaltim Eddy Tulandi mewakili  Pengurus yang baru dilantik mengucapkan terima kasih kepada Bupati karena bersedia hadir dan mengukuhkan pengurus KKMT Kaltim.

“Kami mendukung kepemimpinan Bupati dan tetap malanjutkan periode kedua, hal ini karena kami mengakui dan memang nyata komitmen bupati bagi masyarakat mitra, banyak perubahan yang terjadi di mitra sperti infrastruktur, penataan keuangam dan kepedualian Bupati terhadap Rakyat lewat program pro rakyat, pemimpin yang model begini yang layak dipertahankan” ujar Eddy Tulandi.

 

Turut hadir Wakapolres Balikpapan Kompol Yolanda E Sebayang, Kepala kesbangpol Balikpapan Drs.I Ketut Rasna, Kadis kesehatan Balikpapan Dr.Balerina Juul P.Pontolumiju, Sesepuh Kawanua Mitra di Balikpapan  Pdt. Ellon Pandaleke, Masyarakat Mitra Balikpapan,Samarinda,Tenggarong dan Bontang.

Dalam kegiatan ini Lima puluh  perwakilan diundang ke Mitra untuk menghadiri HUT Mitra Mei 2018 dan seluruh biaya akan di tanggung Bupati.

Susunan Pengurus Kerukunan Kawanua Minahasa Tenggara (KKMT) Sbb:

Penasehat : Pdt E.Pandeleke,Olvi Kawuwung,Vecky Korompis

Dewan Pembina: Jimmy Pandaleke,Joy Ngantung,Yeti Soputan

 

Ketua Umum :Eddy Tulandi

Ketua I            :Christian Soputan

Ketua II            :Dolvi Demas Ompi

Sekretaris        : Meyke Alfira Kolanus

Bendahara       : Elizabeth Worang

Bendahara II    : Immanuel Waluyan

Korbid Seni Budaya : Calvin Pangkerego

Korbid Humas  :Osthy Kosakoy

Korbid SDM       :Vecky Korompis

Korbid Umum    :Djoy Worang

Keamanan         :Modi Naray

 

Mitra Terima Penghargaan Peduli HAM

Surabaya, mitrakab.go.id – Kabupaten Mitra kembali meraih  penghargaan sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia tingkat nasional tahun 2016 dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diterima Bupati James Sumendap, SH  Peringatan Hari Hak Asasi Manusia se Dunia ke-69 tahun 2017 yang di hadiri Presiden RI Ir.Joko Widodo di The Sunnah Hotel Surakarta pada (10/12/2017). Bupati  mengatakan bahwa tahun 2015 lalu  kabupaten Mitra  juga memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM, dan tahun ini kita masih dipercaya sebagai daerah yang menjunjung kepedulian terhadap hak masyarakat.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi presiden melalui menteri Hukum dan HAM dimana dinilai konsisten memperjuangkan rasa keadilan di tengah masyarakat. “saya mengajak seluruh elemen untuk kerja bersama dan tetap menghadirkan keadilan HAM dan sosial bagi seluruh rakyat Minahasa tenggara demi kokohnya fondasi HAM yang kokoh di Indonesia” ucap Bupati. Bupati pada kesempatan itu didampingi asisten I Drs G.H Mamahit serta Kabag hukum Royke Lumingas,SH.

Ratahan, mitrakab.go.id – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017  Provinsi Sulawesi Utara tahun 2017 di digelar di Vila Lamet  Kabupaten Minahasa Tenggara 04/12/2017.

Tema HKN kali ini adalah “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

dipilih sebagai tuan rumah peringatan Hari Kesehatan Nasional tingkat propinsi  berkaitan dengan   Kabupaten Minahasa Tenggara  yang baru memperoleh predikat Kabupaten Sehat, yang diterima dan diserahkan Meteri Kesehatan RI.

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa Tenggara berterima kasih kepada Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE, dimana Kabupaten Mitra dapat dipercayakan menjadi pusat pelaksanaan HKN 2017. Sebagai inspektur upacara, yang membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI, Bupati mengatakan, tema Peringatan HKN kali ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat (PIS) serta Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) yang menempatkan keluarga sebagai bagian penting

Diakhir sambutannya  Bupati berharap masyarakat Mitra dapat membudayakan hidup bersih dan sehat yang harus dimulai dari keluarga.