Ratahan, Rabu 06/09/2017, Bupati James Sumendap membuka sosialisasi kabupaten layak anak dan mengukuhkan gugus tugas kabupaten layak anak Kabupaten Minahasa Tenggara.
Dalam Sambutan Bupati James Sumendap menyatakan perlindungan anak pertama adalah faktor lingkungan yang merupakan pola dasar kehidupan, kedua faktor kesehatan, karena kalau anak sehat maka kecerdasannya pasti juga bertumbuh baik. Negara dengan regulasi aturan yang ada makin kedepan terkait perlindungan anak, dimana hak anak dijamin dan menurut saya faktor utama adalah ekonomi, semakin tinggi tingkat ekonomi masyarakat semakin tinggi kepedulian baik kesehatan maupun pendidikan anak. Negara hadir dalam rangka memberi perlindungan sebesar besarnya bagi perlindungan anak. Mayarakat juga perlu tahu bahwa di Minahasa Tenggara memberikan perhatian besar terhadap anak, satu satunya daerah yang telah memberikan kartu identitas anak kepada anak di Minahasa Tenggara dan saya memberikan warning kepada Orang Tua agar harus menyekolahkan anaknya.
Di Minahasa tenggara tidak boleh ada pembiaran anak tidak sekolah/putus sekolah, dan harus diberikan efek jera apabila orang tua tidak menyekolahkan anaknya
Gugus tugas harus bekerja sesuai amanat yang di emban, dengan memberikan sosialisasi maupun pemahaman kepada masyarakat terkait perlindungan anak. Harus dikampanyekan bahwa anak harus sekolah dan benar benar diseriusi agar Minahasa Tenggara menjadi pilot projek kab layak anak. Dinas terkait harus proaktif dalam memberikan pendampingan terkait penyimpangan terhadap anak maupun perempuan. Undang undang perlindungan anak harus diketahui dan dipahami dari lingkungan desa/kelurahan/kecamatan agar masyarakat tahu baik menelantarkan anak, mengeksploitasi anak dan sebagainya akan berurusan degan hukum. Persoalan ini merupakan persoalan kita bersama dan pemkab memberikan perhatian khusus.
Dalam Kegiatan ini di hadiri Sekretaris Daerah Ir. Farri F.Liwe, Kadis Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Phebe Punuindoong, SE, Pemateri Ketua pusat wanita dan perlindungan anak fakultas ilmu sosial UNIMA Dr. Ruth S.Umbase, M.Hum, Kapolsek Urban Ratahan, dan Forum Anak Daerah.

© 2017, davidson kumajas. All rights reserved.