BANDA ACEH, Sabtu (6/5/2017). Presiden Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan untuk 20 orang yang dianggap berjasa dalam pembangunan. Penghargaan ini diberikan untuk gubernur hingga petani. Ada dua anugerah yang diberikan yaitu penghargaan Satya Lencana Wirakarya dan Satya Lencana Pembangunan di Bidang Pertanian dan Ketahanan Pangan. Penghargaan ini diberikan saat pembukaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke-15, yang digelar di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Aceh, Sabtu 6 Mei 2017.
Sebanyak 10 orang mendapat anugaerah Satya Lencana Pembangunan diantaranya Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara James Sumendap, SH dan 10 orang lagi memperoleh Satya Lencana Wirakarya. Presiden Jokowi turun dari panggung utama dan kemudian menyematkan tanda penghargaan saat kepada Bupati Minahasa Tenggara. Keputusan untuk memberikan penghargaan bagi orang yang dianggap berjasa ini ditetapkan di Jakarta pada 28 April 2017.“Menganugerahkan tanda kehormatan tanda Setya Lencana Pembangunan kepada mereka yang nama dan jabatanya tersebut atas jasa-jasanya terhadap negara dalam pembangunan negara pada umumnya atau dalam melaksanakan pembangunan dalam ketahanan pangan dan pertanian khususnya,” bunyi putusan yang dibacakan seorang panitia.
Pemberian tanda penghargaan tersebut sebagai penghargaan tertinggi sekaligus apresisasi atas kepedulian, niat serta kerja keras Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara di bidang Pertanian. Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam pengarahannya sesaat sebelum membuka secara resmi Penas KTNA menekankan agar semua pihak selalu memberikan dukungan kepada para petani dan nelayan. “Kita ingat waktu kecil dengar orang-orang tua kita bilang, kalau tidak ada petani yang kerja keras, kita mau makan apa. Kalau tidak ada nelayan yang kerja keras, kita mau makan ikan apa. Karena itu kita harus sayang kepada petani dan nelayan,” ujar Presiden Joko Widodo. , Presiden Joko Widodo juga mengajak masing-masing kepala daerah untuk kembali melihat potensi unggulan bidang pertanian dan kelautan di wilayahnya.
Perhelatan Penas Tani dan Nelayan ini berlangsung semarak dan meriah dan diperkirakan sebanyak 35.000 undngan yang hadir dari berbagai penjuru tanah air saat menghadiri Penas Tani dan Nelayan nasional yang tahun ini dengan tema “ Kita Mantapkan Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani”.

© 2017, Pemkab Minahasa Tenggara. All rights reserved.