Ratatotok, Jumat (26/05). Disela-sela kesibukannya menyambut kedatangan Rombongan Warga Mitra Perantauan Pulang Kampung, Bupati Mitra James Sumendap, SH menyempatkan diri untuk memantau secara langsung lepas Pantai Lakban di wilayah perairan Ratatotok. Secara bergantian Bupati dengan begitu semangatnnya menggunakan Speedboat dan Jetsky menyusuri sejumlah pulau.

Dengan luas 730,62 Km2, Mitra yang terletak di tepian Samudera Pasific, diapit oleh dua Alur Kepulauan Indonesia (ALKI II), yang melewati Selat Makasar antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi, dan ALKI III yang melewati Laut Maluku antara Pulau Sulawesi dan Kepulauan Maluku Utara dan Maluku, telah menjadikan wilayah ini strategis karena sangat dekat dengan pasar Asia Timur dan Pasifik.

Dengan keunggulan dan keunikan yang dimiliki ini, menurut Bupati, membuat Mitra semakin menarik dan aman untuk dapat dikunjungi para wisatawan, pelaku bisnis, dan investor domestik serta internasional Apalagi Mitra memiliki 22 Pulau yang tersebra di Kecamatan Pusomaen, Belang dan Ratatotok. Namun tentunya, keunggulan ini harus dipantau dari dekat secara berkala, terutama masalah keamanan perairan lautnya.

 

© 2017, Teddy Rugian. All rights reserved.