Ratahan Timur, Kamis (01/06/2017). Komitmen Bupati Mitra James Sumendap, SH untuk memperhatikan jalan perkebunan dan pertanian di Tahun 2017 ini, terus dibuktikan. Setelah sebelumnya pada waktu lalu menyisir wilayah terluar Moreah Kecamatan Ratatotok, Desa Tonsawang Kecamatan Tombatu dan Desa Kalait Kecamatan Touluaan Selatan, kali ini Bupati wilayah terluar Kecamatan Ratahan Timur dan Pusomaen.

Dengan didampingi Asisten II Drs Robby Ngongoloy dan Kadis Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Ir Dennij Porajou, usai Upacara Apel Hari Kesaktian Pancasila, Bupati menyusuri jalan pertanian dan perkebunan Desa Nazareth Ratahan Timur, Desa Makalu Selatan sampai tembus ke Desa Tatengesan Kecamatan Pusomaen. Sebelum ke Tatengesan, rombongan meyempatkan diri singgah di Desa Wioi.

Meskipun sulitnya medan yang dilalui, tak tanggung-tanggung meskipun rombongan Bupati menggunakan mobil mewah Jeep Wrangler Rubicon berwarna hitam, tetap saja dengan semangat dan tekad yang bulat, Bupati tetap melanjutkan perjalanan. Bahkan ada belasan kilo meter jalur langsung dirintis atau dibuka dengan lindasan ban mobil rombongan untuk menjadi jalan baru nantinya.

Dengan jarak tempuh yang cukup jauh dan wilayah yang berlumpur dan dihalangi pepohonan, rombongan sampai larut malam di perjalanan. Kelelahan rombongan menjadi sirna tatkala di perjalanan berdialog dengan masyarakat setempat.

Di depan Hukum Tua Makalu Selatan dan masyarakat, Bupati mengatakan bahwa perjalanannya bertujuan untuk melihat dari dekat kondisi yang ada. Sehingga benar-benar pihaknya mendapatkan data yang riil di lapangan. Tahun 2018 direncanakan akan dibuka dan langsung dikerjakan jalan baru sepanjang 8 kilo meter supaya masyarakat setempat terbantukan dalam mengolah lahan dan mengeluarkan hasil bercocok tanam.

© 2017, Teddy Rugian. All rights reserved.