Tombatu, Jumat (07/07/2017). Pembangunan di Kabupaten Minahasa Tenggara saat ini sudah lebih berkembang. Mulai dari Ibukota Kabupaten, sampai ke desa. Terlebih khusus untuk Desa yang sekarang ini mendapatkan Dana Desa (Dandes). Tentunya dengan anggaran yang ada, Pemerintah Desa lebih dipermudah dalam hal membangun infrastruktur di Desa. Seperti yang dilakukan Desa Kali Oki Kecamatan Tombatu yaitu membangun jalan lorong sepanjang 71,5 meter dengan lebar 3,5 meter dan dan pembangunan jalan setapak sepanjang 157 meter dengan lebar 2 meter, hingga pembuatan talud.

Hukum Tua Desa Kali Oki Vanly Pongulu didampingi Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Alfret Ponomban mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mempermudah masyarakat melalui jalan alternatif yang sudah lama diusulkan oleh masyarakat. Dan dengan pembangunan ini, masyarakat begitu terbantukan dalam hal aktivitas. Baik itu kendaraan maupun pejalan kaki. Karena jalan lorong yang dibangun adalah jalur utama masyarakat mengaksesk ke lahan pertanian dan perkebunan. Begitu juga untuk jalan setapak yang dibangun sangat membantu masyarakat karena roda dua sudah bisa melintasi kawasan tersebut.

Selain pekerjaan tersebut, Dandes juga melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya pembangunan talud di 3 lokasi, rabat beton di 2 lokasi dan pembangunan drainase di 2 lokasi, bedah rumah atau pembanganunan rumah sehat. Pelaksanaan Dandes berdasarkan apa yang diputuskan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) secara bertingkat ke atas yakni Musrebnag Kecamatan dan tertuang dalam Rencana Kegiatan Prioritas Desa (RKPDes).

 

© 2017, arlen wawointana. All rights reserved.