RATAHAN-Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara melaksanakan Deklarasi Damai dan Sosialisasi Pemilihan Hukum Tua Serentak di Minahasa Tenggara Tahun 2019 bertempat di Sport Hall Kantor Bupati. Dihadiri Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH, Wakil Bupati Drs Jocke Legi, Kapolres Minahasa Selatan (Minsel), AKBP FX. Winardi Prabowo dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), I Wayan Eka Miartha, para Calon Hukum Tua, Panitia Pemilihan dan Panitia Pengawas Pemilihan dan jajaran Pemerintah kabupaten Minahasa Tenggara.

Bupati James Sumendap dalam sambutannya, mengajak bersama-sama mengsukseskan serta menjaga situasi tetap kondusif hingga puncak pelaksanaan pemilihan hukum tua serentak di Minahasa Tenggara tahun 2019. Karna Minahasa Tenggara telah memulai dengan mencari Hukum Tua-Hukum Tua yang nantinya mempunyai kualifikasi yang luar biasa (berkualitas). Jajaran pemerintah, para hukum tua, panitia pemilihan dan panitia pengawas pemilihan, serta seluruh calon hukum tua bahkan seluruh lapisan masyarakat agar bisa menjaga suasana yang aman dan damai, agar pelaksaaan pemilihan hukum tua yang berkualitas dan menghasilkan hukum tua yang profesional. Dengan inovasi yang menjadi gebrakan, dengan menghadirkan panitia pengawas Pilkades, bila berlangsung sukses ke depannya Kabupaten Minahasa tenggara bisa menjadi contoh pada Pilkades diwilayah lain seluruh Indonesia.

Kepolisian Resor Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara, menyatakan sebagai tugas dan tanggungjawab pihak kepolisian untuk mengawal pesta demokrasi, maka siap mengawal keberlangsungan Pemilihan Hukum Tua di Kabupaten Minahasa Tenggara. Kapolres juga menyampaikan karena demokrasi merupakan implementasi keinginan rakyat maka diharapkan Pelaksanakan demokrasi dapat terlaksana dengan baik . Dalam proses pemilihan hindari hal-hal yg bisa mengotori tahapan tahapan pemilihan Hukum Tua, tidak memprovokasi, menyebabkan konflik, hoax, mengorbankan kepentingan orang bayak demi kepentingan pribadi, serta diharapkan netralitas para pelaksana pemilihan. Serta menghimbau agar tetap menjaga keamanan bersama. Berkesempatan juga melaporkan kepada Bupati bahwa Polres Minsel telah menyiapkan 308 personil terdiri dari 278 personil 23 dari jumlah personil polres minsel dan BKO POLDA SULUT 30 untuk mengamankan jalannya pemilihan hukum tua. Pengamanan ini sudah dilakukan sejak dari tahapan tahapan, agar bisa berjalan aman dan nyaman di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Disisi lain pihak Kejari Minahasa Selatan I Wayan Eka Miartha menambahkan dari pihaknya siap memberikan langkah tegas dengan penegakan hukum kepada pihak-pihak yang bermasalah dalam pemilihan Hukum Tua di Minahasa Tenggara.

Penandatanganan Deklarasi Damai

© 2019, davidson kumajas. All rights reserved.