RATAHAN, Selasa (23/05). Bertepatan dengan HUT ke-10 Kabupaten Mitra, hasil lomba desa tingkat Kabupaten selesai dievaluasi. Sebelumnya telah melalui tahapan-tahapan yang ketat yaitu lomba Jaga/Lingkungan Tingkat Desa/Kelurahan, lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kecamatan dan selanjutnya utusan-utusan Kecamatan masuk pada Lomba Tingkat Kabupaten. Tahapan ini sendiri dimulai Tanggal 18 April dari Desa Silian Timur utusan Kecamatan Silian Raya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berlangsung di desa. Melalui kegiatan ini, Pemkab Mitra akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan masing-masing desa, terutama terhadap usaha Pemerintah Desa dalam memajukan dan memberdayakan masyarakat desa, salah satunya sejauh mana partisipasi warga untuk kegiatan kerja bakti.

                       

Adapun indikator penilaiannya meliputi Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi Masyarakat, Pemerintahan, Lembaga, Kemasyarakatan, Administrasi, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. Adapun penilaian administrasi, di dalamnya profil desa sudah harus online. Tim Penilai yang terdiri dari berapa SKPD yang diketuai oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs Jotje Wawointana, dilanjutkan dengan penilaian sesuai dengan indikator yang ada. Pemenang lomba ini akan mewakili Kabupaten Mitra untuk mengikuti lomba desa Tingkat Provinsi.

Penilaian perlombaan desa tersebut mengandung makna tersendiri karena dapat memberi motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga-lembaga desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam membangun fisik desa dan membenahi administrasi pemerintah desa yang sudah ada.

© 2017, arlen wawointana. All rights reserved.