Jakarta, Selasa (19/11/2019). Kabupaten Minahasa Tenggara, meraih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda atau Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019, dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, yang diterima Kadis Kesehatan Kab. Minahasa Tenggara Helni Ratuliu mewakili Bupati, di Jakarta. Ini kali kedua Minahasa Tenggara mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat, setelah sebelumnya pada 2017 menerima predikat Swasti Saba Padapa.
Merupakan kebanggaan bagi Minahasa Tenggara, ini berarti pengakuan sebagai kabupaten sehat naik satu tingkat menjadi Swasti Saba Wiwerda. Capaian ini tak lepas dari perhatian dan komitmen Bupati James Sumendap,SH, serta Wakil Bupati Drs. Joke O. Legi dalam peningkatan jaminan kesehatan bagi  seluruh masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara. Keberhasilan ini bisa diraih berkat kerja keras semua elemen pemerintah, stakeholder terkait, dan masyarakat dalam mendukung hadirnya tatanan hidup yang baik dan sehat.

Dari hasil penilaian sendiri berdasarkan  pleno antara Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Kesehatan pada tanggal 15 Oktober 2019 bertempat di Kementerian Kesehatan dicapai kesepakatan untuk diberikan penghargaan. Adapun penghargaan diberikan kepada 177 Kabupaten/Kota yang telah lolos verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan, dengan rincian 60 Kabupaten/ Kota penerima penghargaan kategori Swasti Saba Padapa, 29 Kabupaten/ Kota penerima penghargaan kategori Swasti Saba Wiwerda, dan 88 Kabupaten/ Kota penerima penghargaan kategori Swasti Saba Wistara.Selain itu penghargaan diberikan kepada 6 (enam) provinsi sebagai Tim Pembina Provinsi terbaik, dan 3 (tiga) orang sebagai influencer yang berdedikasi dalam penyelenggaraan KKS di tingkat provinsi.

Dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat, bahwa setiap dua tahun sekali akan diberikan penghargaan Swasti Saba bagi Kabupaten/Kota yang telah menyelenggarakan dan mengikuti verifikasi Kabupaten/Kota Sehat.

© 2019, davidson kumajas. All rights reserved.