Ratahan, Rabu (17/5/2017). Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH saat Launcing Penerapan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Sosialisasi di Bidang Kependudukan dan Capil Kabupaten Minahasa Tenggara, dalam sambutannya menyatakan bahwa anak-anak patut berbangga dengan adanya KIA. Hal ini membuktikan bahwa Kabupaten Minahasa Tenggara telah melangkah lebih maju. Selain itu dengan adanya KIA, akan membantu anak-anak di Minahasa Tenggara mendapatkan bantuan dan pelayanan dari pemerintah baik berupa beasiswa, pelayanan kesehatan/BPJS.

Disdukcapil Kab. Minahasa Tenggara Pada peluncuran tersebut memberikan KIA secara simbolis kepada pada siswa, serta menyerahkan piagam penghargaan bagi para kepala desa dan lurah yang secara presentasi tertinggi dalam perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akte Kelahiran.

Kabupaten Minahasa Tenggara satu-satunya daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang dipercayakan Kementerian Dalam Negeri, melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil untuk menerbitkan KIA. Ini berdasarkan presentasi penerbitan Akte Kelahiran yang mencapai 92,6 persen. Disdukcapil Kab. Minahasa Tenggara siap menerbitkan KIA bagi 32.000 anak dan akan turun langsung melakukan perekaman di sekolah-sekolah, termasuk juga sekolah SLB. Untuk anak yang tidak sekolah/putus sekolah, akan kerjasama dengan tim penggerak PKK kabupaten dan tim penggerak PKK  kecamatan sampai di desa-desa, untuk mendata dan mendaftarkan mereka yang memperolah KIA.

Anak berumur 1-17 tahun wajib mengurus KIA yang berfungsi serupa dengan KTP.  Syarat pengurusannya yaitu Akta lahir asli+foto copy, KK orang tua, KTP asli+foto copy ayah+ibu, pas foto 3×4 (umur 5 tahun ke bawah tidak perlu).

Pada peluncuran KIA ikut hadir Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol (Inf) Joubert Nixon Purnama, Kapolres Minahasa Selatan AKBP Arya Perdana, dan para pejabat di lingkungan Pemkab Mitra.

© 2017, davidson kumajas. All rights reserved.