RATAHAN, Sabtu (13/5/2017) Bertempat di gedung Waley wulan Lumintang Kelurahan Tosuraya Kecamatan Ratahan, Pemilihan Putra Putri Mitra tahun 2017 yang diikuti oleh 56 Finalis utusan perwakilan dari Kecamatan dan instansi Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara.

Setelah melalui persaingan yang sangat ketat, akhirnya Fernando Ngangi utusan dari Dinas Kesehatan dengan nomor peserta 43 dan Nada Benu nomor peserta 36 perwakilan dari KPU Minahasa Tenggara, menjadi yang terbaik dan dinobatkan menjadi Putra Putri Mitra 2017.

Diperkirakan ratusan atau bahkan ribuan masyarakat yang datang dari berbagai Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara memadati gedung Wale wulan Lumintang, menyaksikan malam Grand Final Pemilihan Putra Putri Mitra 2017 yang berlangsung sangat meriah.

Bupati Mitra James Sumendap, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa para kontestan yang berkompetisi malam ini tentunya hanya satu pasang yang akan terpilih. Dalam setiap kompetisi seperti ini tentu ada yang menang dan ada yang kalah, tetapi baginya 56 Finalis ini merupakan Putra Putri Terbaik Kabupaten Minasaha Tenggara. Bagi yang menang jangan cepat puas teruslah berkarya, dan bagi yang kalah tidak perlu berkecil hati teruslah berjuang untuk meraih yang terbaik, ujarnya.

Sebelum masuk pada proses penyaringan, para Finalis Putra Putri Mitra 2017 tampil dengan busana Sporty, busana malam dan kreasi batik khas Minahasa Tenggara yaitu batik bentenan.

Setelah proses penyaringan oleh tim yuri, dari 56 finalis di saring menjadi 10 besar, 6 besar dan di saring lagi menjadi 3 besar. Yang berhasil melaju sampai ke tiga besar untuk Putra : Ivan Wawointana utusan Dinas PU, Fernando Ngangi utusan Dinas Kesehatan, dan Timothy Sulu utusan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana(P2KB). Sedangkan untuk Putri : Nada Benu utusan KPU, Elrene Siwi utusan Dinas Pariwisata, dan Flarti Tuda utusan Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD)

Di tahapan ini, 3 besar finalis Putra di berikan pertanyaan yang sama begitupun dengan 3 finalis Putri. Dan yang memberikan pertanyaan adalah Bupati Mitra James Sumendap, SH. Keenam finalis baik Putra maupun Putri mampu menjawab pertanyaan dari Bupati.

 

Dari persaingan yang sangat ketat ini, Akhirnya Fernando Ngangi dan Nada Benu keluar sebagai pemenang dan di nobatkan menjadi Putra Putri Mitra 2107, di ikuti Wakil I Putra Ivan Wawointana, dan Wakil II Timothy Sulu. Untuk Putri Wakil I Flarti Tuda, dan Wakil II Elrene Siwi.

Turut hadir pada malam Grand Final ini, Ketua DPRD Mitra Drs Tavif Watuseke, Ketua KPUD Mitra Drs Ascke Benu, tamu istimewa Nyong dan Noni Sulut yang juga menjadi tim yuri, dan pejabat pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara.