Ratahan, Selasa (23/5/2017). Dengan semangat kebangsaaan, Kabupaten Minahasa Tenggara merayakan 10 tahun pemekaran daerah otonomi baru dari Minahasa Selatan (Berdasarkan Undang-Undang No. 9 Tahun 2007 tanggal 6 Januari 2007, Minahasa Tenggara ditetapkan sebagai daerah otonomi yang baru), pada Rapat Istimewa Paripurna DPRD yang dilaksanakan di Plaza Ratahan.

Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap mengungkapkan bahwa Kabupaten Minahasa Tenggara semakin maju dalam pembangunan di segala bidang, terlebih kondisi saat ini tetap aman, tentram, terkendali dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bupati juga mengungkapkan komitmennya sebagai tanggung jawab sebagai Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang di Komandai Sekretaris Daerah dan  seluruh Jajaran ASN, akan melaksanan dan mengawal program pro rakyat. Bupati juga memberikan apresiasi kepada semua pihak baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Minahasa Tenggara dan secara khusus kepada masyarakat Minahasa Tenggara, yang terus memberi dukungan bagi kemajuan daerah. “Dirgayahu ke-10 Kabupaten Minahasa Tenggara Merdeka”.

Gubernur Sulawesi Olly Dondokambey Utara juga memberikan apresiasi terhadap pembangunan di Minahasa Tenggara, yang dilakukan secara sinergi dengan pemerintah pusat sampai daerah, yang sesuai dengan visi misi daerah, serta target yang jelas untuk kesejahteraan rakyat. Sebagaimana untuk suksesnya pembangunan di daerah, Gubernur mengharapkan dukungan dan kerjasama dari masyarakat bagi pemerintah kabupaten. Dikatannya bahwa sejarah orang Minahasa adalan orang kuat dalam ‘ba kobong’ (bertani) tetapi ‘payah’ (lemah) dan ini menjadi tugas pemerintah, yakni Bupati dan instansi terkait untuk mengajari cara bertani yang baik.

Hadir dalam acara ini, Duta Besar  dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Filipina, Kepulauan Marshal, dan Republik Palau Letjen TNI (Purn) Jhony Lumintang, Forkopimda Sulut dan Minahasa Tenggara, Para Tokoh Pemekaran, serta seluruih lapisan masyarakat.

© 2017, davidson kumajas. All rights reserved.