Touluaan, Sabtu (24/06/2017). Mobil ambulance Desa Lobu satu Kecamatan Touluaan resmi beroperasi penggunaannya, setelah mesinnya dihidupkan oleh Bupati Minahasa tenggara, James Sumendap, SH. Saat resmi dioperasikan, disaksikan oleh Camat Touluaan Mey Batubuaja, pemerintah desa setempat, BPD, LPMD, tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan berbagai lapisan yang ada di Desa Lobu Satu, termasuk Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Dana Desa (Dandes).

Dalam sambutan Bupati mengatakan, salut atas program desa setempat yang telah melaksanakan pengadaan mobil ambulance. Karena alat transportasi ini sangatlah penting untuk membantu pemerintah. Disisi lain, Bupati berharap agar penggunaannya dikelola secara profesional supaya tidak adanya kecemburuan sosial bagi masyarakat dan pengadaan mobil tersebut benar-benar tepat sasaran. Termasuk sopir yang akan mengenderainya, untuk merawat dan menjaga mobil tersebut supaya awet dalam pengoperasiannya.

Camat Touluaan Mei Batuabaja mengatakan, pengadaan mobil tersebut bersumber dari Dandes 2017 Tahap 1. Dan untuk wilayahnya, masing-masing desa memiliki program yang bervariasi. Yang tentunya desa-desa tersebut melaksanakan Dandes berdasarkan apa yang menjadi program skali prioritas yang telah dibahas dalam Musyawarah Desa, yang tertuang dalam APBDes dan RKPDes. Katanya, dalam pemantauan dan evaluasi, Pemerintah Kecamatan melihat SDM dalam hal ini perangkat desa, LPMD dan unsur masyarakat yang masuk dalam TPK, kian hari kian handal dan profesional.

© 2017, Teddy Rugian. All rights reserved.