Pasan, Kamis (23/02/2017). Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara James Sumendap, SH meresmikan Pasar Liwutung.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Minahasa Tenggara :

 

Momentum ini sesungguhnya merupakan manifestasi (wujud nyata) dari pada perjuangan bapak Bupati yang mengambil langkah terobosan yakni membangun komunikasi dan koordinasi dengan kementrerian perdagangan RI dan Dinas Perindag Provinsi Sulut guna sinkronisasi program dalam pelaksanaan kegiatan sehingga Kabupaten Minahasa Tenggara mendapat sentuhan kebijakan dalam bentuk DAK.

 

BAPAK BUPATI DAN HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan kami melaporkan hal-hal sebagai berikut :

 Pertama, bahwa dasar pelaksanaan acara peresmian dan pengoperasian pasar rakyat pasan adalah :

  1. Peraturan pemerintah nomor 27 tahun 2014 tentang pengelolaan barang milik negara/daerah
  2. Peraturan Menteri Perdagangan RI nomor 61/M-DAG/PER/8/2015 tentang pedoman pembangunan dan pengolahan sarana perdagangan.

 

Kedua, bahwa maksud dan tujuan pembangunan pasar adalah mengakselerasi laju roda perekonomian Kabupaten Minahasa Tenggara, peningkatan pendapatan asli daerah, dan yang paling utama yakni sebagai media transaksi yang menyediakan beragam kebutuhan masyarakat lokal.

 

Ketiga, bahwa asset Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara pada pasar ini terdiri dari  :

  • Luas tanah ± 1.260  (seribu dua ratus enam puluh meter bujur sangkar).
  • Luas bangunan permanen ±……………. Adapun jumlah kios yakni 9 unit serta 1 kantor petugas pasar dan 1 unit los 75 pedagang.

 

Keempat, pembangunan pasar rakyat pasan dilaksanakan melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2016, dengan alokasi anggaran sebesar satu milyar tiga ratus tujuh juta seratus delapan puluh ribu rupiah.

 

Kelima, penataan-penataan ketika pasar ini beroprasi, kami selaku Dinas yang membidangi mengacu pada peraturan Peraturan Menteri Perdagangan nomor 70 tahun 2013 tentang pedoman penataan dan pembinaan pasar tradisional pasal 19 ayat 3 huruf C yang mengamatkan “penempatan pedagang diarahkan untuk memberikan skala prioritas kepada para pedagang lama yang telah terdaftar pada kantor pengelolah pasar.

 

© 2017, arlen wawointana. All rights reserved.