Tombatu, Kamis (08/06/2017). Bertempat di Resto Tombatu, Dinas Pendidikan Minahasa Tenggara (Mitra) bersama Propinsi Sulut melaksanakan Sosialiasi Pendidikan Keluarga. Tampil sebagai pembawa materi, Aria Ahmad dari Direktorat Pendidikan Keluarga, Dirjen PAUD dan Dikmas, Kementerian Pendidikan. Juga menghadirkan instruktur pendidikan keluarga kabupaten, Sherly Sorongan MSi, instruktur Provinsi, Dra Jelly Ratulangi.

Menurut Aria, anak harus mendapatkan pendidikan yang tepat. Dalam upaya mewujudkannya, peran orang tua sangatlah menentukan. Langkahnya antara lain, diperlukan sinergitas antara orang tua dan guru dalam mendidik anak. Dimana perilaku anak harus diketahui oleh orang tua dan guru sehingga didapatlah metode yang tepat untuk mendidik anak. Landasannya sejalan dengan azaz tri pusat pendidikan, sektor keluarga, masyarakat dan sekolah harus saling bersinergi dalam mendidik anak.

“Pendidikan keluarga merupakan hal yang pertama dan utama, yang memiliki pengaruh besar terhadap prilaku individu. Kondisi saat ini, orang tua sebagai pendidik pertama dan utama belum siap, termasuk belum adanya sinergi dengan sekolah. Ini yang menjadi salah satu alasan, sehingga Kementerian pendidikan melaksanakan sosialisasi pendidikan keluarga,” tukasnya.

Kegiatan yang diikuti oleh para pimpinan PAUD dan TK, serta Kepala Sekolah SD, SMP dan pengawas se-Mitra ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Mitra, Djelly Waruis SPt MM. Pihaknya berharap, sosialisasi ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh peserta, sehingga hasil yang didapat bisa diimplementasikan di unit kerja maupun lingkungan masing-masing.

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Disdik Mitra, Sarah Kindangan, SPd, MPd mengatakan, kegiatan sosialisasi ini penting dilakukan sebagai tindaklanjut dari program kementerian Pendidikan. Karena melalui sosialisasi, peserta diharapkan dapat mengetahui cara penyusunan petunjuk pelaksanaan kegiatan pendidikan keluarga,” tukas Kindangen.

© 2017, Teddy Rugian. All rights reserved.