Jakarta, mitrakab.go.id – Senin (30/4/2018), Plt. Bupati Minahasa Tenggara bersama Kepala Badan Perencanaan  Daerah (Bapeda) Ir. D. Ronsul  menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2018 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP)  tahun 2019.

Murenbangnas ini sebagai bentuk koordinasi penyelarasan rencana pembangunan nasional dengan rencana pembangunan daerah dan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam pidato pembuka Musrenbangnas RKP 2019 menjelaskan, bahwa melanjutkan tahun sebelumnya, kebijakan penyusunan RKP 2019 yang mengusung tema Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas. Penyusunan menitikberatkan pada perkuatan pelaksanaan prinsip Money Follows Program melalui pendekatan Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial (THIS).

RKP 2019 memperhatikan tiga hal, pertama, perkuatan perencanaan dan penganggaran dengan menajamkan Prioritas Nasional dan Program Prioritas pada tahun 2019 serta memperkuat koordinasi antara Kementerian/Lembaga dan Pusat- Daerah.

Kedua, pengendalian perencanaan, yang dilakukan dengan menyusun proyek prioritas pembangunan untuk memastikan perencanaan dijalankan dengan baik.

“RKP 2019 juga memperhatikan perkuatan perencanaan berbasis kewilayahan yang dilakukan dengan penyusunan proyek prioritas hingga detail rencana lokasi pembangunan, serta penajaman integrasi sumber pendanaan,” ujar dia di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (30/4/2018).

Musrenbangnas RKP 2019 dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan dihadiri para pimpinan Lembaga Tinggi Negara, para Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, para Gubernur, para Bupati/Walikota, serta para pemangku kepentingan pembangunan lainnya.

Menurut Plt. Bupati Ronald Kandoli, Musrenbangnas tahun 2018 ini merupakan bentuk koordinasi penyelarasan rencana pembangunan nasional dengan rencana pembangunan daerah. Sebagaimana diamanatkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

“Diharapkan melalui musrenbangnas 2018 para pemangku kepentingan ditingkat pusat bisa mendapatkan masukan guna penyempurnaan RKP 2019,” ujar Plt. Bupati.

Plt. Bupati juga mengatakan, pada Musrenbangnas 2018, Kabupaten Minahasa Tenggara telah menyampaikan beberapa usulan strategis dan prioritas pembangunan daerah kabupaten Minahasa Tenggara tahun 2019.

“Jadi ada beberapa program strategis dan prioritas untuk pembangunan yang telah usulkan pada Musrenbangnas tahun ini, dan kirannya pada tahun 2019 nanti apa yang menjadi usulan Kabupaten Minahasa Tenggara  dapat restui oleh Pemerintah Pusat “tandasnya

© 2018, Pemkab Minahasa Tenggara. All rights reserved.