Belang mitrakab.go.id – Rabu (01/08), Kampanye dan Introduksi Imunisasi Measles-Rubella (MR) untuk anak usia sembilan hingga kurang dari lima belas tahun, berlaku serentak di Indonesia. Di Minahasa Tenggara (Mitra), Program prioritas ini secara resmi dicanangkan Sekretaris Daerah Drs Robby Ngongoloy, ME, M.Si mewakili Bupati James Sumendap, dan dipusatkan di SD Negeri I Belang.
Pelaksanaan imunisasi MR ini sebagaimana edaran Kementerian Kesehatan, dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama dengan sasaran anak sekolah diberlakukan sepanjang periode Agustus 2018. Selanjutnya, yakni pada September mendatang, sasarannya adalah anak yang belum atau tidak bersekolah. “Di Kabupaten Minahasa Tenggara, target kita untuk Agustus tahun ini adalah sebanyak 24.256 anak yang tersebar di 385 Sekolah yang ada, mulai dari tingkat PAUD, TK, SD/MI sederajat, SMP, MTS sederajat dan SLB. Selanjutnya pada periode September nanti, Imunisasi MR akan dilaksanakan di Posyandu, Polindes, Poskeedes, Puskesmas dan Pos Imunisasi, dengan sasaran anak usia sembilan hingga kurang dari lima belas tahun yang belum atau tidak bersekolah,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara, dr Helmy Ratuliu seraya mengatakan, imunisasi ini bersifat wajib tanpa memerlukan ijin tertulis.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Robby Ngongoloy meminta agar instansi terkait memperhatikan sekaligus melaksanakan program ini sebaik mungkin, sehingga semua anak di Kabupaten Minahasa Tenggara sebagaimana target yang ditetapkan dapat tercapai sebagaimana mestinya. “Program Kampanye dan Introduksi Imunisasi MR akan terimplemntasi secara akurat apabila ada kerjasama yang baik antara Pemerintah dan masyarakat terlebih khusus para orang tua untuk bersama-sama mengambil peran dalam rangka suksesnya program Pemerintan ini. Imunisasi massal MR ini punya manfaat sangat besar bagi keberadaan kesehatan anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa. Makanya mari kita dukung penuh secara kooperatif, proaktif dan partisipatif,” harap Ngongoloy.(Humas)

© 2018, Pemkab Minahasa Tenggara. All rights reserved.