Ratahan Timur, Senin (21/08/2017). Bertempat di Desa Pangu Kecamatan Ratahan Timur, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Tenggara menggelar Sosialisasi Pelestarian Sumber Daya Air. Kegiatan diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai utusan.

Menurut Kadis Lingkungan Hidup Mitra, Tommy Soleman, kegiatan sosialisasi pelestarian dan perlindungan sumber daya air membicarakan permasalahan banyaknya sumber air bersih yang sudah mulai berkurang akibat penebangan pohon dekat sumber mata air. Selain disebabkan sumber air berkurang, dipengaruhi juga oleh tingkat kesadaran masyarakat yang masih membuang sampah secara sembarangan di sungai. Sehingga dengan adanya sosialiasi ini, diharapkan ke depan volume dan kualitas air akan terus terjaga.

 

Agar program berhasil maka semua komponen atau lapisan masyarakat perlu dilibatkan agar masyarakat bisa mengambil bagian secara langsung mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi sampai pengawasan. Karena pelestarian lingkungan melalui pemeliharaan asrinya lingkungan adalah salah satu prinsip pembangunan berkelanjutan yang harus menjadi perhatian semua pihak. Apalagi air merupakan suatu kebutuhan yang vital bagi mahluk hidup di bumi ini sehingga semua sumber daya air di Mitra harus terus di jaga agar bisa diwariskan kepada para generasi penerus.

© 2017, Teddy Rugian. All rights reserved.