Pemkab Mitra Dukung Semua Kegiatan Keagamaan

RATAHAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) menunjukkan komitmennya dalam mendukung kegiatan-kegiatan Keagamaan.

Diungkapkan Bupati James Sumendap, Pemkab Mitra secara rutin memberikan dukungan serta memfasilitasi setiap kegiatan keagamaan.

“Kami mempunyai komitmen besar untuk membantu para pengurus organisasi keagamaan, untuk memberikan dukungan dan membantu setiap kegiatan keagamaan,” katanya.

Dia mengungkapkan, Pemkab Mitra selalui hadir dan memberikan kontribusi besar untuk menyukseskan setiap kegiatan keagamaan di Mitra.

“Seluruh jajaran selalu dikerahkan untuk membantu panitia maupun pengurus organisasi keagamaan dalam pelaksanaan keagamaan,” jelasnya.

Dia menambahkan, selama ini Pemkab Mitra serius memberikan dukungannya dengan melibatkan seluruh jajaran pemerintahan, baik dari kabupaten, kecamatan, maupun desa/kelurahan, serta melibatkan para masyarakat.

James memastikan komitmen untuk menjaga dan merawat kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Mitra, dengan mengajak masyarakat merawat tali persaudaraan.

“Makanya gotong royong di antara masyarakat untuk terus dilibatkan pada kegiatan-kegiatan yang berlatar belakang keagamaan,” tandasnya.

Sejumlah kegiatan yang telah digelar sampai saat ini di tahun 2022 yakni pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten, perkemahan GPDI rayon Mitra dan daerah sekitarnya, Perkemahan Kreatif Remaja Sinode GMIM.

Selain itu ikut memfasilitasi dalam pelepasan Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Mitra, untuk melaksanakan ibadah haji

Wakil Bupati Minahasa Tenggara Serahkan Sertifikat Tanah Program PTSL

RATAHAN – Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Drs Jesaja Jocke Legi, menyerahkan secara simbolis Sertifikat tanah PTSL kepada 880 warga masyarakat Mitra, Senin (27/7/2022).
Penyerahan sertifikat yang digelar di Balai Kantor Kecamatan Belang, diberikan kepada warga Desa Borgo, Tababo, Kali Oki, Mundung, Wioi Satu, Wioi Tiga, Wingkai dan Wongkai Satu.

Dalam sambutan Wakil Bupati Drs Jesaja Jocke Legi mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah kabupaten Mitra, mengucapkan selamat kepada penerima sertifikat hak atas tanah.

Dengan adanya sertifikat tanah ini Bapak/Ibu pemilik tanah telah memiliki bukti kepemilikan yang kuat dan sah, yang berimplikasi terhadap naiknya nilai ekonomi atas tanah yang dimiliki.

“Kesejahteraan masyarakat akan terus meningkat seiring dengan dimilikinya sertifikat tanah resmi, sinergitas dalam menggali potensi yang ada didesa bersama masyarakat dan perangkat desa sehingga mampu menjadi langka kemajuan bagi kesejahteraan desa,”tutur Jesaja Legi

Percepatan Penurunan Angka Stunting Di Mitra, Pemkab Mitra Gelar Rembuk Stunting 

RATAHAN – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menurunkan angka Stunting, Pemkab Mitra gelar rembuk Stunting, bertempat di Sport Hall kantor DPRD, Selasa 28 Juni 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra dr. Helny Ratuliu mengatakan, langkah yang diambil Pemkab Mitra merupakan upaya dalam mewujudkan penurunan Stunting di setiap SKPD serta penangung jawab layanan dengan sektor lembaga non-pemerintah dan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut pula Kadis Menyampaikan materi berkaitan dengan langkah penting dalam penanganan Stunting.

“Memang diakui masih ada persoalan yang dihadapi dan sangat komplek dari hulu sampai hilir aspek lingkungan, perilaku, pelayanan masyarakat campur aduk administrasi, manajemen dan politik. Sehingga perspektif perilaku sehat yaitu gerakan penyadaran untuk masyarakat berprilaku sehat dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), maka masalah kesehatan dapat di cegah,”ujarnya.

Menjelaskan bahwa Konvergensi penyempurnaan pelayanan membutuhkan proses perencanaan dan anggaran Serta pemantapan program di lintas sektor.”Penanganan dan Pencegahan sangat penting dilakukan melalui dua intervensi yaitu Intervensi Gizi Spesifik dan Intervensi Sensitif merupakan intervensi yang ditujukan Kepada anak dalam 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) dan berkontribusi pada 30% penurunan Stunting, ini akan efektif kalau dilakukan secara konvergensi bersama-sama dan terintegrasi semua unsur baik pemerintah, swasta dan masyarakat,”jelas Ratuliu.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Mitra Marty Ole SE.Mn ketika menghadiri kegiatan tersebut mendukung penuh program pencegahan dan penanganan Stunting.”Kami tentu sangat berkomitmen dengan pelayanan terhadap masyarakat apalagi dalam penanganan Stunting di kabupaten mitra. Jika semua proses perencanaan dan pemantapan program di lintas sektor sudah baik maka kami tentunya akan mendukung dalam penganggaran pencegahan dan penanganan Stunting,”terang anggota Fraksi PDI Perjuangan.

Pada kegiatan Rembuk Stunting Kabupaten para peserta dari Tim Ahli Stunting dari Makasar Sam Patoro Larobu, Ketua DPRD dan Anggota, unsur Pemkab Mitra serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, 12 Kepala Kecamatan, Dirut RSUD Mitra, Kapus SE Mitra, Petugas Gizi PKM, PLKB, Tim Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kemendes di kabupaten Mitra dan Hukum Tua Lokus Stunting, mendapatkan materi dari Kadis Kesehatan Kabupaten Mitra, Kadis DPPKB Kabupaten Mitra  Drs Hersi Tuuk dan Kaban Bappeda Kabupaten Mitra Dr Grace Oroh M.Pd.

Puncak Acara HUT ke 15 Kab. Mitra Sukses Di Gelar

RATAHAN – Kegiatan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Minahasa Tenggara ke 15 yang puncak acara di laksanakan di Desa Tatengesan Satu, Kecamatan Pusomaen, Senin (23/5/2022).

Adapun HUT Mitra kali ini mengambil tema lingkungan, diawali dengan jalan sehat melibatkan seluruh SKPD, kecamatan hingga kelurahan/desa. Kemudian dilaksanakan penanaman 5000 mangrove dihadiri Kapolda Sulut Irjen Mulyatno, dilanjutkan dengan perkemahan SKPD di pasir putih Peter Camp – Sarah Buy di Pantai Pasir Putih Tatengesan, sampai pada pelaksanaan puncak acara dapat berjalan baik dan sukses. Menyusul yang rencananya akan dilaksanakan kegiatan lomba dansa masal khas Ratahan serta of road.

Dalam puncak acara Hut Mitra ke 15, di Desa Minanga Satu, Bupati merasa bersyukur karena tahun ini bisa melaksanakan syukuran HUT Mitra secara bersama-sama. Dimana sebelumnya tidak bisa dilakukan karena kondisi pandemi covid-19. Dengan mengambil tema lingkungan, Sumendap terus berkomitmen akan membangun Minahasa Tenggara semakin maju dalam pembangunan, tertib birokrasi serta administrasi.

“Buah dari segi pembangunan dan tertib administrasi banyak prestasi yang kita peroleh tahun ini, diantaranya mendapat penghargaan PWI terkait keterbukaan informasi, kemudian mendapat rangkin pertama di Sulut, dari BPK terkait capaian kinerja atau MCP serta masih banyak lagi keberhasilan yang dicapai,” tutur Sumendap didampingi Wakil Bupati Drs Jocke Legi dan Sekretaris Daerah (Sekda) David Lalandos.

Bupati dua periode ini juga mengungkapkan, bahwa capaian pembangunan Minahasa Tenggara, saat ini sudah 99 persen terealisasi. Artinya baik pembangunan maupun tata kelola birokrasi sudah berjalan semestinya. Tinggal melengkapi apa yang perlu dibangun serta mempertahankan bahkan lebih meningkatkan keberhasilan yang sudah diraih selama ini.

“Makanya kita akan terus tingkatkan reputasi dan prestasi untuk kemajuan Minahasa Tenggara, agar menjadi barometer bagi kabupaten lain. Ini komitmen saya,” tuturnya.

Atas capaian keberhasilan tersebut, dirinya berterimakasih bagi jajarannya mulai esalon 2, 3, 4 sampai hukum tua bahkan perangkat desa yang sudah bekerja keras sehingga hasil yang maksimal membanggakan Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Atas dedikasi dan kerja keras dari semua pihak yang terlibat, tentunya saya mengucapkan banyak terimakasih. Ini akan terus kita ikat dalam tali persaudaraan dan kebersamaan untuk menuju hari-hari selanjutnya yang penuh dengan tantangan,” imbuh bapak pembangunan Mitra ini sembari menyebut akan terus berkoordinasi baik pemerintah provinsi bahkan pusat.

Disela puncak acara Hut ke 15 Mitra tersebut, bangga, pujian serta motivasi datang dari pejabat teras Sulut, Kadis ESDM Sulut mewakili Gubernur Olly Dondokambey Fransiscus Maindoka serta Ketua DPRD Sulut Fransiscus Silangen. Keduanya sepakat bahwa Minahasa Tenggara semakin ber reputasi dan berprestasi dibawah kepemimpinan James Sumendap.

“Dengan semangat kebersamaan teruslah membangun dan membawa Minahasa Tenggara semakin maju kedepan. Tentunya dengan terus berkoordinasi baik pemerintah pusat dan provinsi,” sebut keduanya.

Diakhir acara satu persatu pejabat baik provinsi bahkan daerah, mengucapkan Selamat HUT Mitra ke 15. Dengan semangat motto reputasi dan prestasi, Minahasa Tenggara akan terus melaju dalam pembangunan.

Membangun reputasi dan berprestasi, Pemkab Mitra raih opini WTP ketujuh secara beruntun

RATAHAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara terus mencatatkan capaian luar biasa dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Sesuai dengan tema, yang telah dicanangkan Bupati James Sumendap pada tahun 2022 yakni ‘Membangun Reputasi dan Berprestasi, maka kali ini rekor baru kembali dicatatkan Pemkab Minahasa Tenggara. Pemkab Minahasa Tenggara berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terhadap Laporan Keuangan dan Aset tahun anggaran 2021, yang telah diterima di kantor BPK RI perwakilan provinsi Sulawesi Utara di Manado, Jumat (13/5/2022).

Opini WTP ini merupakan rekor baru bagi Pemkab, karena telah mempertahankannya selama tujuh kali secara berturut-turut, sejak dipimpin Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap.

Bupati Minahasa Tenggara sendiri berterima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Minahasa Tenggara yang berkomitmen untuk bekerja profesional, khususnya dalam pengelolaan keuangan.”Ini tentunya komitmen dan kerja dari seluruh jajaran, dan kami mampu mempertahankan opini WTP tujuh kali secara berturut-turut,” katanya.Lebih lanjut kata James, pihak Pemkab Minahasa Tenggara berkomitmen untuk melaksanakan pengelolaan keuangan, dan aset sesuai dengan, kepatuhan terhadap ketentuan, serta aturan perundang-undangan.”Dengan capaian ini, maka pengelolaan keuangan dan aset di Minahasa Tenggara untuk pemenuhan pembangunan demi kepentingan rakyat dapat terpenuhi,” ujarnya.Bupati juga bersyukur karena capaian dan prestasi ini menjadi kado manis bagi Pemkab dan jajarannya menjelang hari ulang tahun Kabupaten Minahasa Tenggara ke-15 tahun.

Capaian SPM Kabupaten Mitra Tertinggi ke-7 Nasional dan ke-2 Regional Indonesia Timur

RATAHAN – Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) di bawah kepemimpinan Bupati James Sumendap SH.MH dan Wakil Bupati Drs Jocke Legi, kembali mengukir prestasi yang luar biasa.

Kali ini, dari laporan penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) tahun 2021 sebagaimana di umumkan Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Kamis (12/5/2022 ), Kabupaten Minahasa Tenggara meraih capaian tertinggi tingkat ke-7 Nasional dan tertinggi ke-2 Regional Sulawesi Nusa Tenggara (Nusteng), Maluku dan Papua untuk kategori kabupaten dengan presentase mencapai 97,05 persen.

Capaian tersebut berdasarkan hasil dari penilaian yang dilakukan oleh Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri dalam menilai standar pelayanan minimal provinsi, kabupaten serta kota.
Bahan evaluasi laporan SPM dari Kementerian Dalam Negeri terdapat beberapa bidang yakni bidang Pendidikan, Perumahan Rakyat, Kesehatan, Pekerjaan Umum, Sosial dan Tramtibum Linmas.