Penandatanganan Kerja Sama BPJSKesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Ratahan, mitrakab.go.id -Pemerintah Kabupaten Kabupaten Minahasa Tenggara resmi bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan BPJS Ketenagakerjaan . Kerja sama ini ditandai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemkab dengan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan tentang pelaksanaan sistem Jaminan Sosial Nasional kepada para Hukum Tua, Aparat Desa,  BPD dan Tenaga Kontrak di Minahasa Tenggara serta Universal Health Coverage (UHC) . Penandatanganan MoU dilaksanakan di Kantor Bupati Minahasa Tenggara oleh Bupati James Sumendap dan pihak BPJS Kesehatan.

Deputi Direksi BPJS kesehatan Lisa Nurela,SE, MM dalam sambutannya mengatakan cakupan kepesertaan warga Mitra dalam BPJS saat ini 745861 jiwa 65,18 persen.
Bupati dengan nyata Menunjukan komitmen dengan mengikutsertakan masyarakat,tenaga kontrak, Hukum Tua,BPD dan perangkat dalam BPJS, Atas nama pimpinan memberikan apresiasi kepada Bupati yang konsern memperhatikan masyarakat khususnya bidang kesehatan yang sejalan dengan program pemerintah pusat ungkap Direksi BPJS kesehatan.

Acara Penandatanganan MOU  Penyerahan kartu KIS BPJS Kesehatan dan kartu peserta BPJS ketenagakerjaan dirangkaikan dengan penyerahan plakat/piagam penghargaan UHC Kesehatan dan ketenagakerjaan dan Launching P-Care dan e-Puskesmas Referal rujukan elektronik antara RSUD Noongan dan UPTD Puskesmas se-Mitra. Kegiatan ini dihadiri oleh Peserta Perangkat Desa, BPD, Tenaga kontrak Kabupaten Minahsaa Tenggara.
Bupati Minahasa Tenggara berharap Mou ini dapat memberi pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan medis.

 

Apel Korpri Jajaran Pemkab Mitra dalam rangka HUT ke 53 Provinsi Sulawesi Utara

Belang – mitrakab.go.id – Apel Korpri Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara pada hari Sabtu 23 September 2017 dilaksanakan dalam rangka HUT Provinsi Sulawesi Utara ke-53 . Apel dilaksanakan di halaman Lapangan Kecamatan Belang dengan Pembina Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara.
Bupati memberikan apresiasi kepada yang mengikuti Apel karena mereka menghargai dan menghormati hasil perjuangan pendahulu sehingga lahirlah provinsi Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa Tenggara menyampaikan pada puncak peringatan HUT Provinsi SULUT Kabupaten Minahasa Tenggara memperoleh penghargaan Gubernur LPPD urutan ke-4 terbaik di Sulut,yang di terima Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara pada upacara HUT Provinsi di lapangan KONI Sario , “hal ini merupakan kerja keras kita bersama dan merupakan suatu kebanggaan bagi kita Minahasa Tenggara” ungkap Bupati..
Capaian-capaian yang kita raih saat ini merupakan sebuah kenyataan manis yang kita raih melalui kerja sama dan kerja keras kita bersama.
Kemampuan kecerdasan dan komitmen membangun daerah bukanlah hal yang mudah,dan apa yang kita raih merupakan perkenaan Tuhan

Hal hal yang kurang dievaluasi yang lebih merupakan apresiasi atas doa yang kita raih demi mewujudkan Mitra ke arah yang lebih baik dari waktu ke waktu, butuh pemberian diri dan keseriusan kita semua agar segala kerja dan tanggung jawab kita berjalan sesuai rencana, Penting komitmen kita bersama baik ka SKPD dan jajaran karena komitmen kita menentukan masa depan Mitra ungkap Bupati.
Pada kesempatan itu bupati menyerahkan secara simbolis Asuransi Nelayan tahun 2016 sebanyak 560 orang, 2017 sebanyak 671 orang.

Kunjungan kerja Bupati beserta jajaran di Kec.Belang

Belang, mitrakab.go.id, – Bupati Minahasa Tenggara bersama Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara mengadakan kegiatan kunjungan kerja dan tatap muka bersama masyarakat Kecamatan Belang sebagai bentuk kewajiban dalam menampung, menyalurkan, serta menindak lanjuti aspirasi masyarakat Kecamatan Belang, Kunker dimulai pada Kamis 21- 23 September 2017.

Bupati James Sumendap, SH bersama rombongan disambut langsung oleh Masyarakat Kecamatan Belang. Kegiatan ini dilaksanakan juga untuk mendekatkan diri pada aparatur pemerintahan hingga lingkup terkecil serta sebagai upaya untuk lebih mengenal Kecamatan Belang lebih dekat.
Bupati menyampaikan apresiasi atas perhatian pemerintah serta segenap warga masyarakat Kecamatan Belang pada kegiatan kunjungan kerjanya ini. Acara kunjungan kerja dan tatap muka ini dalam rangka mendengarkan aspirasi, masukan dan saran segenap warga terkait dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara.

Kunjungan Kerja Kabupaten Mitra di Kabupaten Sigi

Sigi, mitrakab.go.id -Kunjungan Kerja jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara di Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah Senin(18/09) di Kantor Bupati Sigi.
Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap,SH diterima Wakil Bupati Sigi Paulina, SE, MSi bersama Ketua DPRD Kabupaten Sigi Moh Rizal Intjenai, S.Sos, MSi , Sekeretris Daerah Kabupaten Sigi Moh. Basir,SE,MP para Asisten dan seluruh jajaranPerangkat Daerah. Ketua DPRD Drs.Tavif Watuseke, Ketua Komisi II Sammy Pongilatan dan Kerua BK Royke Pelleng turut hadir bersama pejabat Pemkab Minahasa Tenggara yang ikut diantaranya Asisten I dan II, Sekretaris Dewan ,Inspektur, Kepala BKD, Kadis Capil, Kadis PUPR, Kadis perhubungan, Kadis Naker, Kadis Sosial, Kadis Perumahan dan pemukiman, Kadis kependudukan dan KB, Kasat PolPP, Kadis Perijinan, Kabag Humpro.

Wakil Bupati Paulina,SE,MSi dalam sambutannya menyatakan melalui kunjungan ini kiranya akan mempererat persaudaraan serta dapat menghasilkan kerjasama yang baik dalam hal program pembangunan yang membawa dampak positif bagi masing masing daerah.
Ia berharap kedatangan ini lewat pemaparan program dan kebijakan yang dilakukan Pemkab Mitra akan memberikan inspirasi, motivasi dan semangat bagi jajaran Pemkab Sigi
Banyak hal menarik yang patut kami contohi dari program Pemkab Mitra dalam mensejahterakan masyarakat diantaranya pengelolaan keuangan yang transparan, pemberian bantuan dana duka 7 juta rupiah, TKD ASN yang sangat besar, pembangunan yang merata, bantuan sosial, program kesehatan pendidikan dan masih banyak lagi.
Pemkab Sigi dalam hal ini sangat tertarik dengan program Pemkab Mitra oleh karena itu patut ditindaklanjuti ke arah yang lebih serius dan kami sangat mengharapkan terjadi pertukaran ide ide dan gagasan brilian Bupati dalam pengelolaan pemerintahan di Kabupaten Mitra. Kami akan menindaklanjuti dengan melakukan kunjungan balasan di Pemkab Mitra yang rencananya Bulan November tahun ini ungkap Wakil Bupati Sigi.

Sementara itu bupati menyatakan bahwa akan dilakukan penandatanganan MOU dengan Pemkab Sigi,dan menyatakan pemkab Sigi akan dijadikan sister twin pertama di tanah Sulawesi
Usulan sister twin dari bupati disambut antusiasme yang tinggi dari pemda Sigi dan DPRD Sigi.
Pada kesempatan tersebut dilakukan dialog antara Perangkat Daerah Pemkab Sigi dengan Bupati, dialog tersebut intinya kepala SKPD menanyakan kiat kiat bupati dalam mengeluarkan program program yang telah berhasil dilaksanakan dan berjalan di pemkab mitra serta memintakan solialisasi Bupati terkait permasalahan dan kendala kendala yang terjadi terkait pelaksanaan program di Pemkab Sigi.

Malam baku dapa warga Mitra di Kota Palu

Palu, mitrakab.go.id, Senin 18/09/2017- Karena kasih dan cinta Tuhan kita warga Mitra di Palu bisa bertemu dengan Bupati Berterima kasih dan memberikan apresiasi akan kepedulian Bupati yang masih tetap mengingat keberadaan warga Mitra di Palu ujar Paulus Dopong perwakilan warga Mitra.

Kami salut akan komitmen Bupati dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat Mitra, Progres pembangunan dan pengelolaan keuangan Kabupaten Mitra berubah sangat baik
Luar biasa perubahan yang terjadi di kab Mitra tambah Paulus. Ditambahkan juga oleh Penasehat Rukun Toratan Tons Kountur merupakan suka cita bagi kami Kehadiran dan kepedulian Bupati kepada warga Mitra di Palu dengan pertemuan malam baku dapa dengan sosok pemimpin yang membawa motivasi,inspirasi dan semangat baru bagi masyarakat Mitra di Palu
Mitra lewat kepemimpinan Bupati James Sumendap Mitra kami pantau semakin Maju,inovasi,tangguh,ramah,aman (Mitra) hal itu adalah fakta dan bukti nyata,Membina kebersamaan dan kerukunan.

Kami berharap Bupati dapat menyatukan seluruh warga Mitra dimanapun berada dan kami tetap merindukan kepemimpinan Bupati tetap dan terus berlanjut karena kami bangga atas pembangunan yang ada di Mitra.

Bupati dalam sambutannya menyatakan hal ini merupakan keinginan besar untuk menyapa seluruh masyarakat mitra di manapun mereka berada,  oleh karena itu setiap saya diluar daerah dan mendengar ada warga saya menekankan bagaimana kita tetap cinta terhadap daerah asal kita
Selaku orang tua harus tetap mengingat ingatkan kepada anak-anak agar tetap cinta daerah asal usul kita dan tidak menutup kemungkinan  generasi muda Mitra di luar Daerah akan menjadi pemimpin Minahasa Tenggara kedepan.

Pada kesempatan itu pula memaparkan keberadaan Minahasa Tenggara saat ini lewat program program unggulan yang menjadi prioritas baik pembangunan maupun pengelolaan keuangan
Bupati juga menyampaikan kiat kiat dan pengalaman beliau selama memimpin Kabupaten Minahasa Tenggara.
Kesemuanya itu dilakukan guna kesejahteraan dan kemajuan rakyat Minahasa Tenggara ungkapnya.

Hadir pada pertemuan Ketua DPRD Drs Tavif Watuseke, Ketua komisi II Sammy Pongilatan, Ketua BK Royke Pelleng,asisten I dan II serta para pejabat Pemeribtah Kabupaten Minahasa Tenggara,Tokoh masyarakat Minahasa Tenggara di Palu dan warga Minahasa Tenggara di Palu

Silahturahmi dengan jajaran Pemkab Sigi

Bupati James Sumendap,SH dan jajaran perangkat daerah bersama ketua DPRD Drs Tavif Watuseke,anggota DPRD Sammy Pongilatan dan Royke Pelleng menghadiri undangan jamuan makan bersama sekaligus silahturahmi dari Pemkab Sigi yang di terima langsung Bupati Kab.Sigi Moh.Irwan,S.Sos,MSi bersama Wakil Bupati Ibu Paulina SE,MSi, Ketua DPRD Moh.Rizal Intjenai,S.Sos,MSi,Sekab Moh.Basir,SE,MP dan jajaran,di Hotel Sutan Raja Palu,sabtu(16/09).
Bupati Sigi menyambut baik kedatangan Pemkab Mitra dimana Pemkab Sigi dibawah pimpinan Bupati langsung menjemput dan melakukan jamuan makan bersama di kota Palu, Kabupaten Sigi sendiri berjarak kira-kira 5 kilo meter dari kota Palu dan akan melakukan kunjungan balasan di Mitra. Kunjungan kerja Pemkab Mitra di Kabupaten Sigi akan dilaksanakan pada senin 18/09 di kantor Bupati Sigi.

Rapat Paripurna DPRD Dalam Rangka Pembicaraan Tingkat Pertama atas Rancangan Peraturan Daerah Tentang APBD Perubahan TA. 2017.

Ratahan, Kamis 14/09/2017, Bertempat di ruang rapat DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara, digelar Rapat Paripurna DPRD Dalam Rangka Pembicaraan Tingkat Pertama Atas Rancangan Peraturan Daerah Tentang APBD Perubahan Tahun Aanggaran 2017.
Dalam sambutanya Bupati James Sumendap menyampaikan terima kasih yang tulus disertai penghargaan yang tinggi kepada Pimpinan dan segenap Anggota Dewan yang terhormat yang telah mengagendakan penyampaian pengatar nota keuangan RAPBDP Tahun Anggaran 2017 melalui Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara.
Bupati juga menegaskan bahwa RAPBDP Tahun Anggaran 2017 senantiasa mengakomodir Program-Program Pembangunan, serta harus merefleksikan harapan dan keinginan masyarakat, sebagaimana tercermin dari alokasi dana publik  untuk membiayai sektor-sektor kebutuhan masyarakat. Sehingga dapat memberikan sentuhan nilai tambah positif berdasarkan prioritas, baik yang bersifat pelayanan maupun yang mendorong tumbuh dan berkembangnya produktifitas masyarakat.
Dan dalam rangka prinsip efisiensi dan penghematan di berbagai lini dan sektor merupakan pilihan bijak menyiasati keterbatasan anggaran dengan melaksanakan APBDP Tahun 2017, Pemerintah Kab. Minahasa Tenggara menerapkan pengawasan yang ketat dan pengendalian yang efektif, baik oleh atasan langsung maupun oleh aparat pengawas fungsional.
RAPBDP Tahun Anggaran 2017 berisi hal-hal sebagai berikut:
1. Pendapatan sebelumnya Rp. 712.754.013.963,00 bertambah Rp. 11.764.508.346,00 menjadi Rp. 724.518.522.309,00
2. Belanja sebelumnya Rp. 728.288.236.963,00 bertambah Rp. 68.926.675.336,47 menjadi Rp. 797.214.912.299,47
3. Pembiayaan NETTO sebelumnya Rp. 15.534.223.000,00 bertambah Rp. 57.162.166.990,47 menjadi Rp. 72.696.389.990,47

Disdukcapil Kabupaten Minahasa Tenggara menggelar Sidang Pencatatan Pernikahan Secara Massal

Pusomaen, Kamis, 14/09/2017, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara menggelar Sidang Pencatatan Pernikahan secara massal bagi 17 pasang suami istri di Desa Minanga Tiga Kecamatan Pusomaen,
Menurut Kepala Disdukcapil David Lalandos, kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara pihaknya dengan pemerintah desa. Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara sangat mengapresiasi dengan pelaksanaan dengan kegiatan ini, apalagi ada kepedulian dari pemerintah desa dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat yakni dokumen kependudukan, seperti akte nikah. Pasangan yang dicatatkan secara massal tersebut, adalah pasangan yang sudah dinikahkan oleh pihak gereja tetapi belum dicatatkan sesuai aturan perundan-undagan. Karena persoalan tersebut masih banyak ditemui di Kabupaten Minahasa Tenggara, maka akan diselesaikan secara bertahap. Melalui bantuan pemerintah desa dengan berinisiatif untuk memfasilitasi pencatatan nikah secara massal.
Sementara itu Kepala Desa Minanga Tiga Sukardi Salerang berterima kasih kepada pihak Disdukcapil yang membantu programnya dalam pemenuhan dokumen kependudukan bagi masyarakatnya. Serta menambahkan untuk desanya masih menyisakan 5 pasangan yang akan dicatat, namun masih dalam proses administrasi.

Pemimpin yang berintegritas, hebat dan cerdas melayani

Tombatu Barat, Sabtu 09/09/2017, Bupati James Sumendap, SH menghadiri sekaligus memberikan materi pada latihan kepemimpinan pemuda Gereja tingkat menengah se-rayon Minahasa Tenggara di Wilayah Tombatu Barat
di GMIM Maranatha Toundangow Satu. Dengan tema : Pemimpin yang berintegritas, hebat dan cerdas melayani
Bupati menyampaikan bahwa peran pemuda untuk dipersiapkan menjadi pemimpin kedepan lewat rajin bergereja lewat kegiatan kegiatan gerejawi. “Kalian dipersiapkan untuk mengganti pemimpin pemimpin sekarang”.
Kehebatan seorang itu diukur lewat keaktivannya dalam berorganisasi termasuk aktif dalam kegiatan gereja,
Makin banyak pelatihan bergaul akan terasah mental dan pengetauan mana yang bermanfaat mana yang negatif
Anak anak Tuhan harus terlibat dalam pelayanan gereja dan menghindari pergaulan bebas, narkoba dsb.
Serta perlu ada keterlibatan juga diluar gereja lewat organisasi sekolah, perguruan tinggi, kemasyarakatan serta memberi diri dalam kegiatan-kegiatan positif dan memberikan manfaat bagi masa depan maupun pembangunan.
Hadir pula tokoh pemuda GMIM Drs. Jeremia Damongilala,Msi, Ketua DPRD, sejumlah anggota DPRD, asisten I dan III serta sejumlah pejabat di pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara

Tatap muka Bupati dengan Lansia Rayon Mitra

Kalait, mitrakab.go.id – Disela-sela kunjungan Pemrintah kabupaten Minahasa Tenggara  di Kecamatan Touluaan Selatan ia  menyempatkan diri untuk bertatap muka dengan para Lansia Rayon  Mitra di gereja GMIM Kalvari Kalait, Jumat 9 September 2017.

Dalam sambutannya Bupati James Sumendap mengatakan Program insentif 65 tahun ke atas dibuat buat agar lansia bukan menjadi peminta-minta dan para lansia itu lewat keterbatasannya karena faktor usia adalah dapat memberikan nasehat dan contoh bagi anaknya terutama di masyarakat.
Saya selaku Bupati menjaga harga diri lansia yang adalah merupakan panutan dan orang orang hebat, kepada siapa lagi kita meminta nasihat kalau tidak ada orang tua,  yang saya inginkan agar lansia menikmati masa tua dengan bahagia ujarnya.
Peringatan bagi anak-anak/keluarga agar jangan sekali kali menelantarkan orang tua, Lansia sebagai sumber inspirasi agar tampil di depan di Mitra , satu yang Bupati minta kepada Lansia agar mengajarkan kepada anak anak agar tahu berterima kasih, Pemerintah memberikan apresiasi atas semangat lansia dan akan selalu menopang seluruh kegiatan lansia.