Apel Hari Ulang Tahun ke-48 Korpri Tahun 2019

Ratahan, Jumat, 29/11/2019 – Apel dalam rangka HUT -48 Korpri Tahun 2019 di halaman Kantor Bupati Minahasa Tenggara. Sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Minahasa Teggar Drs. Jesaya J. O. Legi dihadiri Kepala Perangkat Daerah dan seluruh ASN. Wakil Bupati dalam sambutan mewakili Presiden Republik Indonesia menyampaikan, bahwa sebagai presiden RI dan penasehat Nasional Korpri mengucapkan Selamat hut kepada seluruh anggota korpri yg ada di tanah air dan di seluruh perwakilan negara ri di luar negeri. Serta salam sekaligus memberikan apresiasi bagi KORPRI yg bertugas di pelosok-pelosok negeri, di pulau-pulau terdepan, kawasan perbatasan dan wilayah-wilayah terisolir. Mereka adalah abdi negara yg menjalankan tugas yg penuh dedikasi untuk memastikan negara hadir diseluruh penjuru tanah air. Terima kasih atas pengabdian yang diberikan kepada rakyat, bangsa dan negara.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati menyerahkan secara simbolis SK Pensiun an. Fentje J. Kamasi BA, (tmt pensium 1 maret 2020), Jan Ventje Pelealu (tmt pensiun 1 Februari 2020), Maria Martje Golung, S.Pd (tmt pensiun 1 juni 2020) dan Penyerahan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya 20 tahun pengabdian kepada Corry J. Ruata, M.Pd serta tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya 20 Tahun pengabdian Margaritha Tulenan, tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya 30 tahun pengabdian kepada Beatrix Rogahang, S.Pd.

Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2019

Ratahan, Kamis, (28/11/2019), Bertempat di Sport Hall Pemerintah Kab. Minahasa Tenggara, Wakil Bupati Drs. Jesaya J. O. Legi mewakili Bupati membuka kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2019 di Kabupaten Minahasa Tenggara. Kegiatan ini diikuti ratusan anak yang tergabung dalam kelompok belajar Paud di Kabupaten Minahasa Tenggara

Dalam arahannya, Wakil Bupati mengatakan perlu adanya kegiatan seperti ini untuk membangun daya minat anak sejak dini melalui edukasi seperti ini. Kegiatan yang dapat menunjang pengembangan generasi yang cerdas dan kreatif sebagai penerus bangsa khususnya Minahasa. Karena mutu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan masalah nasional. Dimana saat ini sudah menjadi perhatian bagi semua pengambil kebijakan, termasuk didalamnya Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara. Pemerintah sebagai lembaga negara, terus berupaya untuk menjebatani harapan dari para orang tua. Kegiatan dilaksanakan dalam dua hari yakni keterampilan anak dalam menggambar/ mewarnai, peragaan busana, bintang vocalia serta gerak dan lagu.

HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Kab. Minahasa Tenggara

Ratahan, Selasa (26/11/2019), HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dilaksanakan di Lapangan Ompi Ratahan yang di rangkaikan dengan hari guru.

Bupati Minahasa Tenggara, James Sumendap dalam arahan kepada ratusan guru dan kepala sekolah yang hadir bersama jajaran pejabat lingkungan Pemkab dan Pimpinan dan Anggota DPRD Minahasa Tenggara. Mengatakan, mulai hari selasa depan, seluruh siswa siswi yang ada di Kabupaten Mitra tidak harus menggunakan seragam sekolah namun menggunakan pakaian bebas rapi. Hal hal baru di hari penting ini karena sekarang adalah zaman milenial, jadi harus bisa tampil beda. Gebrakan hal-hal baru yang terus diterapkan Bupati Mitra, dinilai untuk meninggalkan kebiasaan lama dan mulai menyesuaikan dengan era Milenial. Diharapkan siswa dan siswi yang ada tetap bisa mematuhi semua aturan yang ada disetiap sekolah. Lepas dari itu, Bupati juga mengingatkan agar seluruh kepala sekolah dan guru yang ada, agar bisa brinovasi dalam hal pelaporan dan pembelajaran kepada siswa.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan hadiah/ penghargaan bagi guru dan sekolah berprestasi.

Pemkab Minahasa Tenggara Gelar Perkawinan Masal

Ratahan, Kamis, (21/11/2019) – Sebanyak 40 pasangan suami istri di Kabupaten Minahasa Tenggara dinikahkan secara massal oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, di Ratahan.
Bupati James Sumendap, yang diwakili Wakil Bupati Drs. Joke O. Legi mengatakan, sesuai kondisi dan data kependudukan masih banyak Pasutri yang belum disahkan. Karena sesuai Undang-undang perkawinan, negara menjamin hak warga negara untuk membentuk keluarga, serta melanjutkan keturunan melalui keluarga yang sah. Juga menjamin hak anak untuk hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan. Oleh karena itu merupakan solusi dari pemerintah, agar setiap pasangan mendapatkan pengakuan yang sah, dan resmi menjadi suami istri. Pasutri yang telah sah di mata negara itu juga langsung diberikan dokumen Akta Perkawinan dari Dispencapil tanpa dipungut biaya alias gratis. Tahun 2019 ini pemerintah menargetkan setiap warga Minahasa Tenggara memiliki dokumen lengkap kependudukannya, (KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Perkawinan, Akte Kematian dan Akte Perceraian).

Kabupaten Minahasa Tenggara Raih penghargaan Swasti Saba Wiwerda

Jakarta, Selasa (19/11/2019). Kabupaten Minahasa Tenggara, meraih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda atau Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019, dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, yang diterima Kadis Kesehatan Kab. Minahasa Tenggara Helni Ratuliu mewakili Bupati, di Jakarta. Ini kali kedua Minahasa Tenggara mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat, setelah sebelumnya pada 2017 menerima predikat Swasti Saba Padapa.
Merupakan kebanggaan bagi Minahasa Tenggara, ini berarti pengakuan sebagai kabupaten sehat naik satu tingkat menjadi Swasti Saba Wiwerda. Capaian ini tak lepas dari perhatian dan komitmen Bupati James Sumendap,SH, serta Wakil Bupati Drs. Joke O. Legi dalam peningkatan jaminan kesehatan bagi  seluruh masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara. Keberhasilan ini bisa diraih berkat kerja keras semua elemen pemerintah, stakeholder terkait, dan masyarakat dalam mendukung hadirnya tatanan hidup yang baik dan sehat.

Dari hasil penilaian sendiri berdasarkan  pleno antara Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Kesehatan pada tanggal 15 Oktober 2019 bertempat di Kementerian Kesehatan dicapai kesepakatan untuk diberikan penghargaan. Adapun penghargaan diberikan kepada 177 Kabupaten/Kota yang telah lolos verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan, dengan rincian 60 Kabupaten/ Kota penerima penghargaan kategori Swasti Saba Padapa, 29 Kabupaten/ Kota penerima penghargaan kategori Swasti Saba Wiwerda, dan 88 Kabupaten/ Kota penerima penghargaan kategori Swasti Saba Wistara.Selain itu penghargaan diberikan kepada 6 (enam) provinsi sebagai Tim Pembina Provinsi terbaik, dan 3 (tiga) orang sebagai influencer yang berdedikasi dalam penyelenggaraan KKS di tingkat provinsi.

Dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat, bahwa setiap dua tahun sekali akan diberikan penghargaan Swasti Saba bagi Kabupaten/Kota yang telah menyelenggarakan dan mengikuti verifikasi Kabupaten/Kota Sehat.

Pelantikan Pejabat Eselon II dan III Pemerintah Kab. Minahasa Tenggara

Penandatangan oleh Wakil Bupati
Kadis Diskominfo

RATAHAN, Selasa (20/8/2019) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara menggelar pelantikan pejabat eselon II dan III bertempat di Sport Hall Kantor Bupati, .

Wakil Bupati Minahasa Tenggar, Drs. Jesaja J. O. Legi dalam sambutan menyatakan pelantikan ini dilaksanakan atas dasar Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang managemen pegawai negeri sipil dan merupakan tindak lanjut dari Undang Undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Dan merupakan komitmen untuk membangun ASN yang memiliki nilai dasar, etika, dan bebas dari intervensi, serta jauh dari praktek KKN. Ini juga merupakan upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Serta mengucapkan selamat bagi para pejabat yang baru dilantik dan berharap para pejabat dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab serta dapat menyesuaikan/ beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan diharapkan mampu membuktikan kompetensi sesuai bidangnya masing-masing .

Pejabat Esalon II dan III dilingkup Pemkab Mitra yang baru dilantik:

Eselon II

1. David Lalandos, AP, MM, Inspektur Kabupaten Minahasa Tenggara.
2. Ir.Elly Sangian, ME, Kepala Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan.
3. Drs.Ascke Benu, MSi, Kepala Dinas Pendidikan.
4. Roy Lumingas, Staf Ahli.
5. Johana Untu, Staf Ahli.
6. Hersi Tuuk, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.
7. Franky Freky Wowor, S.Sos, Kepala Dinas Sosial.
8. Jhony Kolinug, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.
9. Grace Oroh, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.
10. Rommy Ole, ST, Kepala Dinas Pekerjaan Umum.
11. Ir.Vecky Monigir, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan.
12. Novy Legi, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman.
13. dr.Helny Ratuliu, Kepala Dinas Kesehatan.
14. Fero Worang, Plt. Kepala Dinas Pertanian.

Eselon III

1. Meintje Magriet Batubaja, SE, Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah.
2. Fredy J. D. Kumesan, SH, Kepala Bagian Hukum.
3. Rine Mariam Komansilan, S.Pd, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat.
4. Olvy M. D. Tambajong, S.Pd, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam.
5. Mohammad Irwan Abdjulu, SE, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan.
6. Silfia Sefa Makaenas, SE, Kepala Bagian Organisasi.
7. Arce Kalalo, SH, Kepala Bagian Umum.
8. Arnold Mokosolang, MM, Kepala Bagian Humas dan Protokol.
9. Ir.Temmi Luisa Barri, Kepala Bagian Umum, Administrasi dan Protokol Sekretariat DPRD.
10. Drs.Ezra Wesly Sengkey, MSi, Kepala Bagian Kajian dan Legislasi Sekretariat DPRD.
11. Selfie Semi Tolu, SE, Kepala Bagian Keuangan, Perencanaan, dan Pengawasan Sekretariat DPRD.
12. Munira Bin Ali, SE, Camat Belang.
13. Noortje A. Wullur, SPd, Camat Ratatotok.
14. Aneke Sumendap, SPd, Camat Tombatu.
15. Drs.Sonni Semuel Kawalo, Plt. Camat Tombatu Timur.
16. Helda Magda Mokat, SPd, Camat Tombatu Utara.
17. Dra.Mieke Lentje Solang, Camat Silian Raya.
18. Ir.Rudolf O. Iskandar Rondonuwu, Camat Touluaan.
19. Drs. Jan Marthen Wanga, MN, Camat Touluaan Selatan.
20. DJendry Novry Raco, S.Sos, Camat Ratahan.
21. Deky Frans Siwi, SPd, Camat Ratahan Timur.
22. Selvie Umbo, SP, Camat Pasan.

74 Tahun Indonesia Merdeka

Ratahan, Sabtu (17/08/2019). Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan HUT Ke-74 RI di lapangan Ompi Ratahan .

Bupati James Sumendap dalam sambutan menyampaikan di 74 tahun Indonesia Merdeka kita akan merefleksikan perjuangan yang sangat luar biasa oleh para pendahulu, pahlawan, masyarakat Indonesia yang berjuang. Ada panitia persiapan kemerdekaan didalamnya ada Soekarno Hata dan Tokoh-Tokoh Nasional, ketika A. A. Maramis  ikut hadir dalam persiapan kemerdekaan. Dalam kemajuan persaingan tehnologi  mari kita jaga persatuan dan kesatuan Negara yang kita cintai. Presiden juga menyampaikan bahwa hanya satu PANCASILA, yang adalah penyatu negara kesatuan Republik Indonesia. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, saling hormat menghormti antar agama, suku, ras yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara. Karna Bineka Tunggal Ika, Pancasila adalah satu untuk kita dan satu untuk Indonesia yang kita cintai.

Pemkab Mitra menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD TA. 2018

Manado, Senin (27/5/2019), Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH bersama Ketua DPRD Marty Mareyke Ole, S.Mn menerima laporan hasil pemeriksaan atas LKPD TA. 2018 Kabupaten Mianahasa Tenggara dengan memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diserahkan kepala BPK RI Perwakilan Sulut Drs Tangga Muliaman Purba, MM disaksikan Anggota VI BPK RI DR. Hari Aswar Azis, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE, Ketua DPRD Sulut Andre Angow.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Empat tahun berturut turut dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara. WTP 2015, WTP 2016, WTP 2017, WTP2018.

Hadir dalam penyerahan LKPD TA 2018 Kabupaten Minahasa Tenggara Wakil Bupati Drs. Jesaya Joke Legi , Sekretaris Daerah Drs Robby Ngongoloy, ME, MSi, Inspektur Daerah David H Lalandos AP, MM, Kepala Badan Keuangan Daerah Mecky Tumimomor, SE, M.Si

Pemkab Mitra Resmi Terapkan E-Kinerja

penerapan E-Kinerja

Ratahan, Senin (01/04/ 2019) Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara menerapkan secara resmi Aplikasi Kinerja berbasis elektronik atau E-Kinerja. Pencanangannya dilaksanakan bersamaan dengan apel perdana awal bulan seluruh ASN di lapangan Kantor Bupati setempat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara, Drs Robby Ngongoloy, ME, M.Si menyatakan bahwa kebijakan ini adalah pembuktian Pemkab Mitra terkait upaya meningkatkan profesionalitas ASN dalam memainkan instrumen sebagai pelayan publik, yang berorientasi pada upaya menciptakan sistem pelayanan pemerintahan yang berkualitas, akurat, transparan dan akuntabel. Kebijakan ini bagian dari implementasi visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati. Salah satu misi Pemkab Mitra adalah sukses pemerintahan, termasuk didalamnya menciptakan birokrasi yang handal melalui peningkatan sumber daya aparatur dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.

Penyerahan LKPD 2018

Manado, mitrakab.go.id – Wakil Bupati  Joke Legi  menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Minahasa Tenggara tahun anggaran 2018 pada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Sulawesi Utara.

Dimana laporan keuangan ini telah disusun sejak bulan Januari sampai  dengan Bulan Februari  2019 oleh OPD.Setelah itu, laporan tersebut diteruskan ke Inspektorat kabupaten pada akhir Februari untuk direview, dan melakukan Wakil Bupati Jocke Legi   mengapresiasi  tim penyusun LKPD yang telah meyelesaikan  dengan baik  laporan LKPD tepat waktu.