Meraih 5 kali WTP Secara Berturut – turut, Pemkab Minahasa Tenggara Mendapat Apresiasi dari Kemenkeu

Ratahan, Kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali beruntun dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas kerja keras Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dibawah kepemimpinan Bupati James Sumendap SH. Berkat prestasi tersebut, Pemkab Mitra mendapat apresiasi serta penghargaan dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani yang diumumkan secara daring di acara Rakornas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020, Selasa (22/9).

Pemberian penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Kabupaten Mitra sudah yang kelima kalinya sejak kepemimpinan Bupati James Sumendap SH. BPK meniliai bahwa pengelolaan keuangan di pemkab Mitra dinilai sangat baik sehingga kabupaten Mitra wajar mendapat opini WTP.
Bupati Mitra James Sumendap SH juga menyampaikan rasa Terima kasih kepada seluruh penyelenggara pemerintahan yang ada, dari pihak DPRD kabupaten Mitra yang terus melakukan pengawasan dan realisasi program sehingga sistim manejemen keuangan berjalan dengan baik.
Bupati juga memberikan apesiasi kepada kepada seluruh perangkat Daerah, kepala dinas, Badan serta Camat yang telah melaksanakan tugas dalam pengawasan sistim pengelolaan keuangan yang baik sehingga Kabupaten Mitra boleh meraih opini WTP oleh kementerian keuangan RI melalui BPK.

DIHADIRI WAKIL BUPATI MINAHASA TENGGARA PEMBUKAAN TES SKB CPNS BERJALAN LANCAR, PROTOKOL KESEHATAN DIUTAMAKAN

pembukaan tes SKB CPNS Minahasa Tenggara

Ratahan, Bertempat di Kantor Badan Kepegawaian negara (BKN) Regional XI Manado. Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara Drs. Jocke legi membuka secara resmi tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Minahasa Tenggara.

Sebanyak 270 peserta CPNS beradu nasib dalam pelaksanaan tes SKB yang dijadwalkan berlangsung selama 2 hari (18 dan 19 September 2020).

Wakil Bupati Drs. Jocke Legi beserta Sekretaris Daerah bersama sebagian pejabat eselon II

Turut hadir pula dalam pelaksanaan SKB CPNS Kabupaten Mitra diantaranya Sekretaris Daerah (Ketua Panitita) David Lalandos AP.MM, Asisten Satu Jani Rolos, Asisten Dua Joutje Wawointana, Asisten Tiga Frits Mokorimban, Inspektorat Marie Makalow dan pejabat eselon II yang turut hadir.

Dalam pembukaan tersebut Wakil Bupati Jocek Legi menyampaikan bahwa tes CPNS tahun ini untuk memenuhi kebutuhan ASN di Pemkab Minahasa Tenggara dan tentunya seluruh tes saat ini sangat transparan atau bebas KKN.

Wakil Bupati juga berharap seluruh peserta CPNS Kabupaten Minahasa Tenggara benar-benar peserta yang terbaik berdasarkan bidang keahlian masing-masing dan menjamin untuk seleksi ini bebas dari namanya titipan.

Selain itu, meski di tengah pandemi virus Covid-19 yang melanda saat ini pelaksanaan tes SKB CPNS Pemkab Mitra berjalan dengan lancar tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ada. berupa mencuci tangan sebelum masuk ruangan, memakai masker serta face shield dan tetap menjaga jarak sesama peserta yang hadir.

Peserta di ukur suhu tubuh dengan ThermoGun
Peserta wajib mencuci tangan sebelum mengikuti tes
Seluruh Peserta Wajib jaga jarak

PENGUNGUMAN TES SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) BAGI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) KABUPATEN MINAHASA TENGGARA

Ratahan (19/08/2020) Panitia Seleksi Pengadaan CPNS Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara Tahun 2019,

Berikut pengunguman tentang peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Minahasa Tenggara Formasi Tahun 2019.

Link dibawah ini :
https://drive.google.com/file/d/1_cmHBh4KFSGUlwIe7C3tVIXQE5CcrFHm/view?usp=sharing

PEMERINTAH KABUPATEN MINAHASA TENGGARA MEMBATASI AKSES MASUK MULAI 1 APRIL 2020 DALAM UPAYA PENCEGAHAN COVID-19

Ratahan – Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mulai hari ini, Rabu 1 April 2020, memberlakukan pembatasan akses masuk dan keluar bagi warga masyarakat.

Pembatasan waktu kunjungan ini merupakan langkah untuk menekan penyebaran COVID-19 (Virus Corona) masuk Mitra.

“Kami akan membatasi pergerakan orang, khususnya dari luar Minahasa Tenggara, tapi ini bukan lockdown. Ini kami lakukan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19,” kata Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap di perbatasan Kabupaten Minahasa Tenggara dan Minahasa (Gunung potong) ketika memantau kesiapan Tim Satgas Covid-19, beliau menambahkan bahwa “seluruh pintu masuk Minahasa Tenggara akan ditutup untuk perlintasan orang setiap hari pada pukul 18:00 WITA sampai 06:00 WITA, Untuk jam penutupan ini yang dikecualikan hanya kendaraan angkutan yang membawa kebutuhan pokok, dan material, Sedangkan perlintasan orang akan dibuka pada pukul 06:00 WITA sampai 18:00 WITA, setiap harinya. Setiap orang wajib diperiksa kesehatannya, Hal ini sudah kami sosialisasikan kepada masyarakat dan pemberlakuan ini tegas, serta wajib dilaksanakan. Kami sudah koordinasikan ini dengan pihak kepolisian dan TNi . Kebijakan ini juga sudah kami sampaikan kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, pada saat Telekonferensi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gubernur bersama seluruh Kepala Daerah di 15 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara serta Jajaran Forkopimda tadi siang. imbuhnya

Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara telah membentuk Tim Satgas Covid-19 yang akan melaksanakan tugas setiap harinya dalam memeriksa kesehatan setiap pengunjung dengan melibatkan berbagai stakeholder.

Sementara itu, aktivitas masyarakat pada malam hari di wilayah tersebut semakin dibatasi, dengan akan digelarnya operasi oleh pihak kepolisian dan TNI bersama aparat pemerintah.

“Bila ada yang didapati, akan diberikan sanksi tegas. Karena kita tidak boleh main-main dengan masalah ini. Langkah tegas sudah harus diambil demi pencegahan COVID-19 di wilayah kami,” tandasnya.

disemua Akses pintu masuk Ke Minahasa Tenggara ada Posko Tim Satgas yang sama baik itu yang berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kabupaten Minahasa Tenggara Formasi Tahun 2019

Ratahan (22/03/2020) – Panitia Seleksi Pengadaan CPNS Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara Tahun 2019,

Berikut pengumuman tentang peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Minahasa Tenggara Formasi Tahun 2019.

Di tetapkan BKN, Pemkab Mitra Pilot Project Penerapan E-Kinerja Terintegrasi Nasional //Bupati JS hadiri FGD Nasional

Jakarta (25/02/2020) – Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap mengikuti Forum Group Discussion Nasional Penerapan Sistem Informasi E-Kinerja ASN yang Terintegrasi pada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang dilaksanakan di Hotel Best Western Premier Cawang Jakarta Timur, Selasa (25/02/2020) hari ini.

FGD Nasional ini dibuka secara langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara DR. Ir. Bima Harian Wibisana, MSIS. Dalam sambutannya Kepala BKN mengungkapkan bahwa dengan adanya UU nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, menuntut kinerja seluruh ASN lebih ditingkatkan dalam memberikan  pelayanan kepada masyarakat, pelayanan lebih sederhana dan mudah untuk di akses. “Sekarang ini manejemen kinerja ASN menjadi bagian yang tak terpisahkan dari banyak hal, baik dari sisi tranparansi maupun akuntabilitasnya” ungkap Bima Haria Wibisana.

Sementara itu Bupati James Sumendap yang mengikuti Forum Group Discussion Nasional ini, mengungkapkan apresiasinya kepada pihak BKN yang melaksanakan kegiatan ini karena dengan ini akan ada 1 (satu) pemahaman yang akan mengatur manajemen kinerja ASN, sehingga tidak akan ada lagi tolak ukur kinerja yang diatur sendiri oleh masing-masing daerah. “manajemen kinerja ASN perlu diatur dengan satu sistem yang terintegrasi di seluruh indonesia, agar supaya kinerja ASN di Indonesia terukur dengan tepat dan jelas” kata James Sumendap saat diminta untuk memberikan masukan oleh Direktur Kinerja ASN, Neny Rochyany, S.Si, Apt. M.Si.

Lanjut ditambahkan oleh Bupati Mitra 2 (dua) periode, bahwa ditetapkannya Pemkab Minahasa Tenggara sebagai Pilot Project Penerapan E-Kinerja dan satu-satunya Pemda di Provinsi Sulawesi Utara, merupakan sebuah tanggung jawab besar yang harus  dilakukan dan disukseskan oleh Pemkab Minahasa Tenggara. “Saya akan kawal langsung pelaksanaan penerapan E-Kinerja ini, Pemkab Mitra akan buktikan kepada BKN bahwa instansi yang mengurus manajemen ASN ini tidak salah menunjuk Pemkab Minahasa Tenggara sebagai salah satu Pilot Project penerapan E-Kinerja yang terintegrasi secara nasional” pungkas Bupati James Sumendap yang turut didampingi Pj. Sekda David H. Lalandos, Asisten 3 Frits Mokorimban, Kaban BKPSDM Marie Makalow, Kabag Umum Setda Arce Kalalo serta Staf Khusus Bupati.

Dalam FGD Nasional ini juga dilaksanakan penandatanganan Surat Pernyataan Kesanggupan yang merupakan komitmen Pemkab Minahasa Tenggara yang menjadi Pilot Project Penerapan E-Kinerja  oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Tenggara David H. Lalandos, AP. MM dengan pihak BKN oleh Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian.

Bupati James Sumendap Menghadiri Acara Pisah Sambut Kapolda Sulawesi Utara

Bupati Minahasa Teggara James Sumendap menghadiri malam pisah sambut “malam kenal pamit” Kapolda Sulawesi Utara, antara pejabat lama Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto dengan Kapolda Sulut yang baru Irjen Pol Drs. Royke Lumowa. Senin (17/2/2020) Hotel Four Points by Sheraton Manado. Malam pisah sambut berlangsung penuh kehangatan digambarkan dengan dresscode busana casual kemeja putih di padu dengan celana jeans yang tampak menjadikan nuansa malam kenal pamit lebih terasa keakraban dan kebersamaan yang kuat antara para Pejabat Daerah dengan Jajaran Polda Sulut.

Tampak Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap bercengkrama dibalutkan dengan senyuman keakraban dengan Kapolda Sulut baru Drs. Royke Lumow

Dalam acara malam pisah sambut tersebut di hadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw serta seluruh Bupati / Walikota Se Sulut dan Jajaran Polda Sulut.

Bupati Mitra James Sumendap, SH hadiri Workshop BPK

MANADO – Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH Selasa(28/01/2020) menghadiri acara Workshop Implementasi Kode Etik BPK yang digelar di Hotel Four Points Manado.

Acara yang selenggarakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan(BPK) Republik Indonesia ini diikuti oleh seluruh Bupati, Walikota dan Pimpinan DPRD Se Sulawesi Utara

Acara ini turut dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE Wagub Steven O.E Kandow, Ketua DPRD Sulut, Sekprov Sulut, serta Ketua BPK RI, Anggota I BPK, dan Para Pimpinan BPK,

BANGUN PARIWISATA DI MITRA BUPATI JAMES SUMENDAP, SH KUNKER DI BADUNG-BALI

Badung-Bali,. Bupati James Sumendap, SH dalam kunjungan kerja di Pemerintah Kabupaten Badung, Senin 27 januari 2020 mengatakan bahwa tahun 2020 ini akan menjadi tonggak untuk mengembangkan berbagai potensi alam sebagai sarana Pariwisata yang ada di Minahasa Tenggara. “berbagai hal akan kita lakukan untuk mengembangkan destinasi wisata yang ada di Minahasa Tenggara , dengan melakukan studi banding di Pemkab Badung adalah salah satu media yang akan menjadi perhatian Pemkab Mitra berkaitan dengan kiat dan strategi membangun Pariwisata, berbagai potensi alam baik laut, hutan dan gunung di Minahasa Tenggara akan menjadi perhatian serius kita ditahun 2020 untuk terus di kembangkan, karena kedepan pengembangan pariwisata akan menjadi sektor strategis yang akan dibangun, sebab itu kedatangan ke Pemkab Badung merupakan salah satu cara dan kiat untuk mengetahui bagaimana membangun Pariwisata seperti yang ada di Bali” ucap Bupati James Sumendap yang turut didampingi Staf khusus Bupati DR.Tony Pandaleke,MPd, Kabag Umum Setdakab Mitra Arce Kalalo, SH, Kasub Protokol Ezra Tumigolung.

Sementara itu Kadis Pariwisata Pemkab Badung, Ir. I Made Badra, MM, didampingi Ida Ayu Anggreni Pudja selaku Kabid Daya Tarik Wisata ketika menerima kunjungan kerja Bupati Mitra dan rombongan mengungkapkan bahwa Bali merupakan kawasan pariwisata besar yang didalamnya memiliki keunikan karena pariwisata yang dibangun berbasis kearifan lokal. “karakter masyarakat Bali berproses cukup lama sehingga pariwisatanya bisa berkembang. Masyarakat bali secara Umum memahami lebih dahulu apa yang bisa dan tidak bisa diterima, jadi karakter masyarakat yang siap menerima berbagai bentuk budaya luar tetapi kemudian tidak terpengaruh adalah kunci suksesnya sektor pariwisata di Bali, karena itulah kemudian dikatakan pariwisata Bali dibangun dengan kearifan lokal”. ungkapnya.

Pada pertemuan ini juga disepakati bahwa Pemkab badung dan Pemkab Mitra akan membangun kerjasama dalam rangka membangun pariwisata, lebih lanjut diungkapkan I Made Badra, kedepan setelah ada perjanjian kerjasama antara kedua daerah, maka Pemkab Badung melalui Dinas Pariwisata akan ikut mempromosikan destinasi wisata yang ada di Minahasa Tenggara baik didalam maupun diluar negeri. “jika kerjasama telah dilakukan maka destinasi wisata yang ada di kabupaten Mitra akan juga kami promosikan baik didalam maupun diluar negeri, sebagaimana yang selama ini kami lakukan untuk promosi pariwisata yang ada diBali” kata I Made Badra. Bupati James Sumendap menyambut baik hal itu dan mengungkapkan bahwa akan meminta Dinas pariwisata Kab. Mitra untuk menindaklanjuti hal ini. “saya akan tugaskan Kadis pariwisata untuk menindaklanjuti hal-hal tekhnis yang akan dituangkan dalam Nota Kerjasama ini, agar pariwisata di Kabupaten Mitra bisa berkembang dengan baik dan dapat menjadi salah satu sektor pendapatan Daerah dan akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat pula”.pungkas Bupati dua periode ini. Dengan adanya pertemuan ini, Kabag umum Setdakab Mitra Arce kalalo, SH, yang turut dalam rombongan, menyampaikan ucapan terimakasih dari Bupati James Sumendap kepada Pemkab Badung yang telah menerima rombongan Pemkab Mitra dengan harapan kerjasama kedua daerah bukan hanya disektor pariwisata tapi juga disektor lainnya.