Peresmian Plaza Ratahan

Ratahan, 23/5/2017, Plaza Ratahan sebagai pasar moderen salah satu ikon baru kota Ratahan telah diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersamaan dengan Hut ke 10 Tahun Kabupaten Minahasa Tenggara.  Pasar modern ini diharapkan menjadi pusat perbelanjaan baru masyarakat Minahasa Tenggara yang diharapkan menggerakkan perekonoman masyarakat. Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur dan Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, diikuti pembukaan bersama selubung papan nama Oleh Ketua TP PKK Sulawesi Utara Rita Dondokambey Tamuntuan dan Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Tenggara Jein Sumendap Rende, SE, Ak. Dalam peresmian tersebut ikut hadir sejumlah tokoh masyarakat baik dari dalam Provinsi Sulawesi Utara maupun dari luar daerah.

 

Minahasa Tenggara 10 Tahun Pemekaran

Minahasa Tenggara, Selasa 23/5/2017- Dengan semangat kebangsaaan Kabupaten Minahasa Tenggara merayakan 10 tahun pemekaran daerah otonomi baru dari Minahasa Selatan (berdasarkan Undang-Undang No. 9 Tahun 2007 tanggal 6 Januari 2007, Minahasa Tenggara ditetapkan sebagai daerah otonomi yang baru) pada Rapat Istimewa Paripurna DPRD yang dilaksanakan di Plaza Ratahan

Dalam penyampaiannya Buapati Minahasa Tenggara James Sumendap mengungkapkan keadaan Kabupaten Minahasa Tenggara yang semakin maju dalam pembangunan di segala bidang, terlebih Kondisi Kabupaten Minahasa Tenggara saat ini tetap aman tentram terkendali dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia. Bupati James Sumendap juga mengungkapkan komitmennya sebagai tanggung jawab sebagai Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah yang di Komandai Sekretaris Daerah dan  seluruh Jajaran ASN akan melaksanan dan mengawal program pro rakyat.  Bupati juga memberikan apresiasi kepada semua pihak baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kab. Minahasa Tenggara dan secara khusus kepada masyarakat Minahasa Tenggara yang terus memberi dukungan bagi kemajuan daerah. “Dirgayahu ke 10 Kabupaten Minahasa Tenggara Merdeka”.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Olly Dondokambey Utara juga memberikan apresiasi terhadap pembangunan di Minahasa Tenggara yang dilakukan secara sinergi dengan pemerintah pusat sampai daerah yang sesuai dengan visi misi daerah serta target yang jelas untuk kesejahteraan rakyat. Sebagaimana untuk suksesnya pembangunan di daerah  Gubernur mengharapkan dukungan dan kerjasama dari masyarakat bagi pemerintah kabupaten. Sejarah orang Minahasa adalan orang kuat dalam ‘ba kobong’ (bertani) tetapi ‘payah’ (lemah)  dan ini menjadi tugas pemerintah (Bupati dan SKPD Terkait) untuk mengajari cara bertani yang baik.

Hadir dalam peringatan Hut 10 Minahasa Tenggara  adalah Duta Besar  dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Filipina, Kepulauan Marshal, dan Republik Palau Letjen TNI (Purn) Jhony Lumintang, Forkopimda Sulut dan Minahasa Tenggara, Para Toko-Tokoh Pemekaran, Serta kurang lebih 1000 masyarakat Minahasa Tenggara.

Mitra Launcing KIA Pertama di Sulut

Ratahan, Rabu (17/5/2017). Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH dalam Launcing Penerapan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Sosialisasi di Bidang Kependudukan dan Capil Kabupaten Minahasa Tenggara, dalam sambutannya menyatakan bahwa anak-anak patut berbangga dengan adanya KIA. Hal ini membuktikan bahwa Kabupaten Minahasa Tenggara telah melangkah lebih maju. Selain itu dengan adanya KIA, akan membantu anak-anak di Minahasa Tenggara mendapatkan bantuan dan pelayanan dari pemerintah baik berupa beasiswa, pelayanan kesehatan/BPJS.

Disdukcapil Kab. Minahasa Tenggara Pada peluncuran tersebut memberikan KIA secara simbolis kepada pada siswa, serta menyerahkan piagam penghargaan bagi para kepala desa dan lurah yang secara presentasi tertinggi dalam perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akte Kelahiran.

Kabupaten Minahasa Tenggara satu-satunya daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang dipercayakan Kementerian Dalam Negeri, melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil untuk menerbitkan KIA. Ini berdasarkan presentasi penerbitan Akte Kelahiran yang mencapai 92,6 persen. Disdukcapil Kab. Minahasa Tenggara siap menerbitkan KIA bagi 32.000 anak dan akan turun langsung melakukan perekaman di sekolah-sekolah, termasuk juga sekolah SLB. Untuk anak yang tidak sekolah/putus sekolah, akan kerjasama dengan tim penggerak PKK kabupaten dan tim penggerak PKK  kecamatan sampai di desa-desa, untuk mendata dan mendaftarkan mereka yang memperolah KIA.

Anak berumur 1-17 tahun wajib mengurus KIA yang berfungsi serupa dengan KTP.  Syarat pengurusannya yaitu Akta lahir asli+foto copy, KK orang tua, KTP asli+foto copy ayah+ibu, pas fto 3×4 (umur 5 tahun ke bawah tidak perlu).

Pada peluncuran KIA ikut hadir Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol (Inf) Joubert Nixon Purnama, Kapolres Minahasa Selatan AKBP Arya Perdana, dan para pejabat di lingkungan Pemkab Mitra.

Mitra Tuan Rumah Rakerda Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan

Tombatu, Selasa (16/5/2017). Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara James Sumendap saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Kependudukan dan KB bertemakan “Dengan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga kita tingkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Minahasa Tenggara yang memiliki karakter bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia”, mengungkapkan bahwa program kampung KB di Minahasa Tenggara menjadi salah satu program unggulan dari pemerintah dalam upaya mensejahterahkan masyarakat. Pemkab juga mendukung penuh program untuk pengendalian penduduk, dari program ini juga menyiapkan berbagai infrastruktur dasar bagi masyarakat.
Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandow, menyatakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan mendukung suksesnya program tersebut, di desa-desa yang telah dicanangkan menjadi Kampung KB dengan menyiapkan sejumlah program prioritas (12 desa). Wagub mengajak seluruh masyarakat di Minahasa Tenggara dapat membantu pemerintah daerah dalam menyukseskan setiap program pembangunan.

Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Sulut

Tombatu, Selasa (16/5/2017) Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat  (BBGRM) XIV Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2017 dilaksanakan di Kecamatan Tombatu Kabupaten Minahasa Tenggara dihadiri oleh  Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandow, Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara James Sumendap, SH, Direktur Kelembagaan Masyarakat dan Kerjasama Desa Ibu Yuliati, MM, Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Utara Ibu Ir Ritha Dondokambey-Tamuntuan, Forkopimda Sulawesi Utara dan Kab. Minahasa Tenggara, Bupati dan Wakil se-Sulawesi Utara serta Pimpinan dan anggota DPRD Kab. Minahasa Tenggara.

Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH menyambut dan menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Provinsi Sulawesi Utara atas dipercayakannya Kabupaten Minahasa Tenggara menjadi tuan rumah Bulan Bhakti Gotong Royong masyarakat  (BBGRM) XIV.

Dalam sambutan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandow kita harus mengedepankan gotong royong dalam setiap aspek masyarakat maupun pemerintah . Seperti nilai intisari dari Pancasila sebagai asas gotong royong. Dalam kesempatan ini Gubernur Sulawesi Utara mencanangkan Sulawesi Utara sebagai Laboratorium Kerukunan karena di Sulut cinta damai dan harus menjadi contoh.  Dilaksanakannya kegiatan ini di Kabupaten Minahasa Tenggara dikarenakan dalam dua tahun terakhir pengurangan orang miskin di Kabupaten Minahasa Tenggara paling tinggi se-Sulawesi Utara, serta adanya peningkatan dilihat dari parameter indeks pembangunan manusia, kesehatan, pendidikan yang harus di beri apresiasi yang tinggi kepada bupati Minahasa Tenggara. Minahasa Tenggara akan dicanangkan laboratorium pembangunan di Sulawesi Utara untuk ke depan, karena itu semua prestasi harus berjalan bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berkesempatan menyerahkan secara simbolis Program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (OD-SK) di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jenis bantuan yang diberikan kepada Kelompok Masyarakan berupa bibit cengkih, bibit kelapa, pala, pupuk NPK, pupuk SP-36, pupuk organik, pupuk hayati, pupuk herbisida, pupuk peptisida, cangkul, sekop, hand sprayer dll.

Bupati Hadiri Syukuran HUT Desa Tolombukan

PASAN, Senin (15/5/2017) Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH hadiri Ibadah Syukur HUT Desa Tolombukan ke-30. Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa kemajuan pembangunan desa tak lepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat untuk menunjang setiap program pemerintah.

Dengan melihat kondisi yang lagi berkembang saat ini, Bupati mengajak masyarakat untuk tetap menjaga toleransi antar umat beragama dan jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang bisa memecah belah kerukunan yang ada di Minahasa Tenggara ini. Pemerintah juga akan terus menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh agama agar bisa saling menghargai tanpa membeda-bedakan suku, ras dan agama. Masyarakat juga diminta untuk terus mendukung program-program pemerintah demi kemajuan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Turut hadir dalam acara tersebut  Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Ir. Deni Porajow, Kadis Perhubungan Bernard Mokosandib, Kabag Humas Protokol Franky Wowor, S.Sos, Camat Pasan Martinus Ratulangi, serta para hukum tua se-Kec. Pasan serta tokoh agama dan masyarakat.

Bupati Peduli Pembangunan Gereja

RATAHAN, Minggu (14/5/2017) Bupati Mitra James Sumendap, SH kembali tunjukkan kepeduliannya terhadap pembangunan Gereja pada agenda kerjanya kemarin, dengan mendampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE menghadiri beberapa undangan HUT Jemaaat GMIM dan memberikan bantuan untuk pembangunan gedung Gereja.

Salah satunya menghadiri HUT Jemaat GMIM Dame Tosuraya yang ke-166 yang di laksanakan di gedung Gereja yang sementara dibangun di Kelurahan Tosuraya Selatan yang diberi nama Jemaat GMIM Sola Gratia, pemekaran dari Jemaat GMIM Dame Tosuraya.

Bupati pada sambutannya menyampaikan  bahwa pembangunan gedung Gereja telah mencapai 60 persen.

Kapasitas James Sumendap dalam menyampaikan sambutan selain sebagai Bupati Minahasa Tenggara, Beliau juga sebagai Ketua Panitia Pembangunan Gedung Gereja GMIM Sola Gratia.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey memberikan Bantuan sebesar Rp 250 juta untuk tahapan pertama, dan akan memberikan lagi pada tahan berikutnya. Dalam sambutannya juga Olly menyampaikan apreseasi pada Bupati atas kepeduliaannya terhadap pembangunan Gedung Gereja.

Turut hadir pada acara ini, Ketua DPRD Mitra Drs Tavif Watuseke, anggota DPRD Mitra dari fraksi PDIP, Sekda Ir Farry F Liwe serta beberapa Pejabat Propinsi Sulut.

Ketua DPRD Hadiri Kegiatan GMIM Zaitun Mundung

TOMBATU TIMUR, Minggu, (14/5/2017). Ketua DPRD Minahasa Tenggara Drs Tavif Watuseke menghadiri berbagai kegiatan pembukaan dalam menyambut HUT ke-198 GMIM Zaitun Mundung Wilayah Tombatu Timur. Bahkan Ketua Dewan yang juga Pelayanan Khusus ini menjadi Khadim memimpin ibadah subuh. Dikatakannya bahwa kegiatan ini sekiranya dijadikan bahan perenungan sebagai momentum pertumbuhan iman warga gereja dalam berjemaat, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selesai ibadah, dilanjutkan dengan kegiatan jalan sehat bersama Ketua Jemaat GMIM Zaitun Mundung Pdt. Susan Pelleng-Kindangen, S,Th, anggota Dewan Tommy Lumintang, SE, Camat Tombatu Timur Jan Wawointana, SE serta diikuti oleh majelis dan anggota jemaat.

Ketua Dewan sangat mengapresiasi atas antusias jemaat dalam mengikuti kegiatan ini. Harapannya ini menjadi motivasi iman untuk selalu taat dan terus melayani Tuhan.

Muswil IX Nasyiatul Aisyiyah Sulut

RATATOTOK, Sabtu (13/05/2017).  Nasyiatul Aisyiyah Sulut  mengelar Musyawarah Wilayah (Muswil) ke IX di Desa Ratatotok. Kegiatan ini dihadiri Pimpinan  Pusat Ibu Alia Lulukhusniaty, S.Pd, Pimpinan Wilayah  Muhamadiyah Sulut  Drs. Nasri Sakamole, M.Si, Pimpinan Wilayah NA Sulut Ibu Selfi Sdram, S.Ag, M.Pdi.

Nasyiatul Aisyiyah adalah Organisasi yang memiliki peran strategis dalam memberikan pengaruh pemikiran Islam yang maju, pencerahan bagi persoalan perempuan muda yang  mampu menjadi penyejuk, pelopor kerukunan umat dalam keberagaman di Sulut pada umumnya, dan khusunya di Mitra dalam menopang pemerintah.

 

 

 

Lomba Lari Maraton 10 K

PASAN,  Jumat (12/5/2017).  Dalam rangka HUT Ke-10 Kabuapten Minahasa Tenggara dilaksanakan Lomba Lari Maraton kategori umum yang dilepas oleh Asisten I Sekretariat Daerah Kab. Mitra Drs. G. H. Mamahit. Dalam sambutannya mengharapkan, selain mengejar prestasi tidak lupa menjaga sikap sportifitas tinggi, dan tetap menjaga gaya hidup sehat dilakukan secara rutin. Start lomba dilaksanakan di perampatan Liwutung Raya dan finish di Plaza Ratahan. Berhasil finish pertama Peserta Putri dari Ratahan Timur Syalomita Agu dan Peserta Putra Christian Wahyu dari Touluaan.

Dinas Pemuda dan Olahraga selaku penanggung jawab kegiatan mengharapkan, dari lomba ini nantinya bakalan muncul atlet lari secara regenerasi. Dimana bibit muda yang ada akan digembleng untuk menjadi atlet yang profesional untuk mengikuti berbagai ajang lomba. Nantinya akan diawali dengan klasifikasi umur dan pembinaan secara bertahap.