275 Calon Hukum Tua Deklarasi Pilhut Damai

RATAHAN-Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara melaksanakan Deklarasi Damai dan Sosialisasi Pemilihan Hukum Tua Serentak di Minahasa Tenggara Tahun 2019 bertempat di Sport Hall Kantor Bupati. Dihadiri Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH, Wakil Bupati Drs Jocke Legi, Kapolres Minahasa Selatan (Minsel), AKBP FX. Winardi Prabowo dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), I Wayan Eka Miartha, para Calon Hukum Tua, Panitia Pemilihan dan Panitia Pengawas Pemilihan dan jajaran Pemerintah kabupaten Minahasa Tenggara.

Bupati James Sumendap dalam sambutannya, mengajak bersama-sama mengsukseskan serta menjaga situasi tetap kondusif hingga puncak pelaksanaan pemilihan hukum tua serentak di Minahasa Tenggara tahun 2019. Karna Minahasa Tenggara telah memulai dengan mencari Hukum Tua-Hukum Tua yang nantinya mempunyai kualifikasi yang luar biasa (berkualitas). Jajaran pemerintah, para hukum tua, panitia pemilihan dan panitia pengawas pemilihan, serta seluruh calon hukum tua bahkan seluruh lapisan masyarakat agar bisa menjaga suasana yang aman dan damai, agar pelaksaaan pemilihan hukum tua yang berkualitas dan menghasilkan hukum tua yang profesional. Dengan inovasi yang menjadi gebrakan, dengan menghadirkan panitia pengawas Pilkades, bila berlangsung sukses ke depannya Kabupaten Minahasa tenggara bisa menjadi contoh pada Pilkades diwilayah lain seluruh Indonesia.

Kepolisian Resor Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara, menyatakan sebagai tugas dan tanggungjawab pihak kepolisian untuk mengawal pesta demokrasi, maka siap mengawal keberlangsungan Pemilihan Hukum Tua di Kabupaten Minahasa Tenggara. Kapolres juga menyampaikan karena demokrasi merupakan implementasi keinginan rakyat maka diharapkan Pelaksanakan demokrasi dapat terlaksana dengan baik . Dalam proses pemilihan hindari hal-hal yg bisa mengotori tahapan tahapan pemilihan Hukum Tua, tidak memprovokasi, menyebabkan konflik, hoax, mengorbankan kepentingan orang bayak demi kepentingan pribadi, serta diharapkan netralitas para pelaksana pemilihan. Serta menghimbau agar tetap menjaga keamanan bersama. Berkesempatan juga melaporkan kepada Bupati bahwa Polres Minsel telah menyiapkan 308 personil terdiri dari 278 personil 23 dari jumlah personil polres minsel dan BKO POLDA SULUT 30 untuk mengamankan jalannya pemilihan hukum tua. Pengamanan ini sudah dilakukan sejak dari tahapan tahapan, agar bisa berjalan aman dan nyaman di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Disisi lain pihak Kejari Minahasa Selatan I Wayan Eka Miartha menambahkan dari pihaknya siap memberikan langkah tegas dengan penegakan hukum kepada pihak-pihak yang bermasalah dalam pemilihan Hukum Tua di Minahasa Tenggara.

Penandatanganan Deklarasi Damai

Pelantikan Pejabat Eselon II dan III Pemerintah Kab. Minahasa Tenggara

Penandatangan oleh Wakil Bupati
Kadis Diskominfo

RATAHAN, Selasa (20/8/2019) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara menggelar pelantikan pejabat eselon II dan III bertempat di Sport Hall Kantor Bupati, .

Wakil Bupati Minahasa Tenggar, Drs. Jesaja J. O. Legi dalam sambutan menyatakan pelantikan ini dilaksanakan atas dasar Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang managemen pegawai negeri sipil dan merupakan tindak lanjut dari Undang Undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Dan merupakan komitmen untuk membangun ASN yang memiliki nilai dasar, etika, dan bebas dari intervensi, serta jauh dari praktek KKN. Ini juga merupakan upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Serta mengucapkan selamat bagi para pejabat yang baru dilantik dan berharap para pejabat dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab serta dapat menyesuaikan/ beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan diharapkan mampu membuktikan kompetensi sesuai bidangnya masing-masing .

Pejabat Esalon II dan III dilingkup Pemkab Mitra yang baru dilantik:

Eselon II

1. David Lalandos, AP, MM, Inspektur Kabupaten Minahasa Tenggara.
2. Ir.Elly Sangian, ME, Kepala Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan.
3. Drs.Ascke Benu, MSi, Kepala Dinas Pendidikan.
4. Roy Lumingas, Staf Ahli.
5. Johana Untu, Staf Ahli.
6. Hersi Tuuk, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.
7. Franky Freky Wowor, S.Sos, Kepala Dinas Sosial.
8. Jhony Kolinug, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.
9. Grace Oroh, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.
10. Rommy Ole, ST, Kepala Dinas Pekerjaan Umum.
11. Ir.Vecky Monigir, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan.
12. Novy Legi, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman.
13. dr.Helny Ratuliu, Kepala Dinas Kesehatan.
14. Fero Worang, Plt. Kepala Dinas Pertanian.

Eselon III

1. Meintje Magriet Batubaja, SE, Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah.
2. Fredy J. D. Kumesan, SH, Kepala Bagian Hukum.
3. Rine Mariam Komansilan, S.Pd, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat.
4. Olvy M. D. Tambajong, S.Pd, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam.
5. Mohammad Irwan Abdjulu, SE, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan.
6. Silfia Sefa Makaenas, SE, Kepala Bagian Organisasi.
7. Arce Kalalo, SH, Kepala Bagian Umum.
8. Arnold Mokosolang, MM, Kepala Bagian Humas dan Protokol.
9. Ir.Temmi Luisa Barri, Kepala Bagian Umum, Administrasi dan Protokol Sekretariat DPRD.
10. Drs.Ezra Wesly Sengkey, MSi, Kepala Bagian Kajian dan Legislasi Sekretariat DPRD.
11. Selfie Semi Tolu, SE, Kepala Bagian Keuangan, Perencanaan, dan Pengawasan Sekretariat DPRD.
12. Munira Bin Ali, SE, Camat Belang.
13. Noortje A. Wullur, SPd, Camat Ratatotok.
14. Aneke Sumendap, SPd, Camat Tombatu.
15. Drs.Sonni Semuel Kawalo, Plt. Camat Tombatu Timur.
16. Helda Magda Mokat, SPd, Camat Tombatu Utara.
17. Dra.Mieke Lentje Solang, Camat Silian Raya.
18. Ir.Rudolf O. Iskandar Rondonuwu, Camat Touluaan.
19. Drs. Jan Marthen Wanga, MN, Camat Touluaan Selatan.
20. DJendry Novry Raco, S.Sos, Camat Ratahan.
21. Deky Frans Siwi, SPd, Camat Ratahan Timur.
22. Selvie Umbo, SP, Camat Pasan.

74 Tahun Indonesia Merdeka

Ratahan, Sabtu (17/08/2019). Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan HUT Ke-74 RI di lapangan Ompi Ratahan .

Bupati James Sumendap dalam sambutan menyampaikan di 74 tahun Indonesia Merdeka kita akan merefleksikan perjuangan yang sangat luar biasa oleh para pendahulu, pahlawan, masyarakat Indonesia yang berjuang. Ada panitia persiapan kemerdekaan didalamnya ada Soekarno Hata dan Tokoh-Tokoh Nasional, ketika A. A. Maramis  ikut hadir dalam persiapan kemerdekaan. Dalam kemajuan persaingan tehnologi  mari kita jaga persatuan dan kesatuan Negara yang kita cintai. Presiden juga menyampaikan bahwa hanya satu PANCASILA, yang adalah penyatu negara kesatuan Republik Indonesia. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, saling hormat menghormti antar agama, suku, ras yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara. Karna Bineka Tunggal Ika, Pancasila adalah satu untuk kita dan satu untuk Indonesia yang kita cintai.

Pemkab Mitra menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD TA. 2018

Manado, Senin (27/5/2019), Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH bersama Ketua DPRD Marty Mareyke Ole, S.Mn menerima laporan hasil pemeriksaan atas LKPD TA. 2018 Kabupaten Mianahasa Tenggara dengan memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diserahkan kepala BPK RI Perwakilan Sulut Drs Tangga Muliaman Purba, MM disaksikan Anggota VI BPK RI DR. Hari Aswar Azis, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE, Ketua DPRD Sulut Andre Angow.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Empat tahun berturut turut dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara. WTP 2015, WTP 2016, WTP 2017, WTP2018.

Hadir dalam penyerahan LKPD TA 2018 Kabupaten Minahasa Tenggara Wakil Bupati Drs. Jesaya Joke Legi , Sekretaris Daerah Drs Robby Ngongoloy, ME, MSi, Inspektur Daerah David H Lalandos AP, MM, Kepala Badan Keuangan Daerah Mecky Tumimomor, SE, M.Si

Pemkab Mitra Resmi Terapkan E-Kinerja

penerapan E-Kinerja

Ratahan, Senin (01/04/ 2019) Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara menerapkan secara resmi Aplikasi Kinerja berbasis elektronik atau E-Kinerja. Pencanangannya dilaksanakan bersamaan dengan apel perdana awal bulan seluruh ASN di lapangan Kantor Bupati setempat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara, Drs Robby Ngongoloy, ME, M.Si menyatakan bahwa kebijakan ini adalah pembuktian Pemkab Mitra terkait upaya meningkatkan profesionalitas ASN dalam memainkan instrumen sebagai pelayan publik, yang berorientasi pada upaya menciptakan sistem pelayanan pemerintahan yang berkualitas, akurat, transparan dan akuntabel. Kebijakan ini bagian dari implementasi visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati. Salah satu misi Pemkab Mitra adalah sukses pemerintahan, termasuk didalamnya menciptakan birokrasi yang handal melalui peningkatan sumber daya aparatur dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.

Penyerahan LKPD 2018

Manado, mitrakab.go.id – Wakil Bupati  Joke Legi  menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Minahasa Tenggara tahun anggaran 2018 pada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Sulawesi Utara.

Dimana laporan keuangan ini telah disusun sejak bulan Januari sampai  dengan Bulan Februari  2019 oleh OPD.Setelah itu, laporan tersebut diteruskan ke Inspektorat kabupaten pada akhir Februari untuk direview, dan melakukan Wakil Bupati Jocke Legi   mengapresiasi  tim penyusun LKPD yang telah meyelesaikan  dengan baik  laporan LKPD tepat waktu.

Kapolda meninjau Kesiapan Pemilu

RATAHAN mitrakab.go.id Jumat (29/3/2019) –   Kapolda Sulut Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto  meninjau kesiapan Pemilu di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Kunjungannya  Kapolda kali ini   untuk memastikan kesiapan anggotanya dalam pengamanan gudang logistik Pemilu di Kabuapten Minahasa Tenggara .  Kapolda juga  berdiskusi dengan anggota KPU dan Bawaslu Minahasa Tenggara untuk  mengetahui masalah  yang ditemui dalam persiapan Pilpres dan Pilcaleg ini.

Kapolda SULUT Pantau Kesiapan Pemilu

Bupati Mengukuhkan Satgas Saber Pungli Kabupaten Minahasa Tenggara

Ratahan, Rabu (27/03/2019) Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH Mengukuhkan Satgas Saber Pungli Kabupaten Minahasa Tenggara Tahun 2019. Inspektur Daerah Robert Rogahang,SE dalam laporannya mengatakan maksud kegitan ini adalah membentuk tim yang didalamnya dari unsur aparat penegak hukum dan pemerintah daerah yang bersama sama melaksanakan tugas dalam  pencegahan serta penindakan pungutan liar yang bertujuan lebih mempertajam kolaborasi dari pada penyelenggara negara dalam menyelesaukan pungutan liar lebih khusus di Kabupaten Minahasa Tenggara. Serta pada pencegahan yang nantinya diprogramkan kegiatan sosialisasidan pemberian edukasi terhadap bahaya pungli.
Peserta soaialisasi terdiri dari seluruh kepala Perangkat Daerah, kepala desa dan kepala sekolah di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Bupati dalam arahannya mengatakan, bakal memberikan apresiasi bagi tim saber pungli yang berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT). “Saya hibahkan gaji saya kepada tim saber yang berhasil melakukan ott atau ditangkap. Dengan sistem yang kami berlakukan ini, seperti laporan keuangan mingguan, tidak ada celah melakukan pungutan liar atau korupsi,” tandasnya.
Dirinya kemudian meminta agar Inspektorat dan Kapolsek dapat turut memeriksa proses pencairan, karena ada laporan penarikan uang secara gelondongan tidak sampai satu Minggu di rekening desa. Kalau perlu periksa semua rekening koran transaksi dana desa. “Pola pengelolaan kami sudah non tunai, tinggal proses pencatatan. Hukum Tua laksanakan tugas memfasilitasi pembangunan. Saya berikan kesempatan pada Tim Saber Pungli untuk masuk ke semua segmen. Ini untuk memproteksi para penyelenggara pemerintahan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu dilaksanakan Penandatanganan pakta integritas pengelolaan  keuangan desa oleh Hukum Tua dan bendahara disaksikan Bupati,Wakil Bupati, Ketua DPRD dan FORKOPIMDA Minahasa Tenggara.

Pencanangan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di Kabupaten Minahasa Tenggara

Pencanangan SSK

Ratahan, Selasa (26/03/ 2019), Wakil Bupati Drs Jesaja J.O Legi atas nama Bupati Minahasa Tenggara, mencanangkan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di Kabupaten Minahasa Tenggara ditandai dengan pembukaan papan selubung disaksikan perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Anna Dotulong, SPd, Plt. Ketua TP PKK Ibu Pdt. Erni Legi Rondonuwu, STh, bersamaan dengan kegiatan Sosialisasi Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) program KKBPK bersama mitra kerja tingkat provinsi Sulawesi Utara yang dipusatkan di Kabupaten Minahasa Tenggara.
Sekolah siaga kependudukan yang baru dicanangkan adalah di SMA Negeri I Ratahan. Dimaksudkan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran, dimana di dalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan generasi.