Mitra Bergerak Cepat: Pembangunan Polres Minahasa Tenggara Segera Terealisasi

Ratahan – Rabu (22/01/2020) Bupati James Sumendap, SH bersama Wakil Bupati Drs. Jesaja Jocke Legi dan Sekretaris Daerah Drs. Robby Ngongoloy, ME, M.Si menerima kunjungan Tim Studi Kelayakan Polda Sulut PJU Polda Sulut Bpk. Irwasda, Kombes Pol Drs. Ahmad Alwi, MM, Bpk. Karo Logistik Kombes Pol Drs. Ahmad Husni dan Bpk. Karo Rena Kombes Pol Andik Setiono, SIK, SH, MH di dampingi Kapolres Minahasa Tenggara AKBP Robby Rahardian, SIK.

Kunjungan Tim Studi Kelayakan Polda Sulut ini terkait pembangunan Gedung Polres Minahasa Tenggara yang rencananya akan dibangun di Kelurahan Lowu Satu Kecamatan Ratahan, “Sesuai dengan harapan lokasi yang dipilih yakni dikelurahan Lowu Satu, lokasi tersebut memang sangat strategis untuk pembangunan Polres Mitra dinilai dari lokasi yang berada di pusat kota dan menjadi pusat keramaian masyarakat dan juga cepat diakses dari berbagai kecamatan, diharapkan Kapolres Mitra nantinya bisa menikmati perkantoran dengan pemandangan yang baik bila sudah selesai” Ujar Bupati James Sumendap, SH

Sementara itu, PJU Polda Sulut Irwasda Kombes Pol Drs. Ahmad Alwi, MM Bersama Tim sangat mengapresiasi sambutan dari Bupati Mitra bersama jajarannya dalam persiapan pembangunan Polres Minahasa Tenggara, nantinya setelah melalui beberapa kajian sebagai penunjang pembangunan dan untuk dilaporkan di Mabes Polri, dipastikan awal tahun 2021 segera dibangun.

Pasar di Minahasa Tenggara Mulai 2020 Akan Dikelola Perusahaan Daerah (PD) Pasar

RATAHAN, Mitra Hebat Bergerak Cepat ! satu lagi upaya dari Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH didampingi Wakil Bupati Minahasa Tenggara Drs. Jocke Legi dan Ketua DPRD Minahasa Tenggara Marty Ole saat memantau langsung Plaza Ratahan dan Pasar Ratahan, Senin (20/1/2020) mengatakan bahwa pengelolaan pasar di Minahasa Tenggara akan di kelola oleh Perusahaan Daerah (PD) Pasar.

“jadi agar pengelolaannya dapat lebih baik guna memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah, maka sepenuhnya per tanggal 1 Februari 2020 pasar di Kabupaten Minahasa Tenggara akan dikelolah secara profesional oleh Perusahaan Daerah (PD) Pasar” ujar Bupati James Sumendap.

Pada kesempatan tersebut Bupati James Sumendap,SH bersama Wakil Bupati Drs. Jocke Legi dan Ketua DPRD Kabupaten Marty Ole juga sempat berbincang dengan para pedagang yang ada khususnya para pedagang pakaian bekas atau biasa disebut warga lokal dengan Cakar Bongkar (Cabo)

Diwaktu yang sama Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara Marty Ole menyampaikan sebagai wakil rakyat mereka siap menerima setiap masukan dan keluhan dari masyarakat Minahasa Tenggara yang tentunya berdasarkan prosedur yang ada.

MITRA HEBAT BERGERAK CEPAT ! RILIS APLIKASI SPT DAN SPPD DI AWAL TAHUN 2020

RATAHAN, Pencapaian demi pencapaian dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara dibawah Kepemimpinan Bupati James Sumendap, SH dan Wakil Bupati Drs Jesaya J. Legi menjadi pendorong dalam menciptakan Inovasi baru dalam jalannya sistem Pemerintahan yang semakin unggul dan berprestasi dibanding kabupaten/kota lainnya terlebih di Era 4.0

Saat ini Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara telah membuat dan menerapkan satu Aplikasi Umum berbagi Pakai yaitu Aplikasi SPT dan SPPD dengan alamat http://spt.mitrakab.go.id/ yang bertujuan agar semua perjalanan dinas luar daerah luar Propinsi, jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, diketahui dan dipantau langsung (Bupati menyampaikan ‘sudah tidak ada lagi yang keluar daerah tanpa persetujuan dari Kepala Daerah, tidak ada lagi pejabat yang selalu berangkat dan tanpa tujuan jelas apalagi perjalanan dinasnya berjamaah’). Untuk perjalalan dinas luar daerah dalam Propinsi, Bupati memberikan kewenangan kepada Wakil Bupati dan perjalanan dinas dalam daerah dalam Kabupaten Bupati memberikan kewenangan kepada Asisten berdasarkan keasistenan yang dibawahinya untuk menyetujui ataupun tidak dalam sistem Aproved, kecuali Sekretariat Daerah dan Inspektorat perjalanan dinas dalam daerah dalam kabupaten yang menyetujui adalah Wakil Bupati.

Kedepannya Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara lewat SKPD yang ada dituntut untuk berinovasi membuat suatu Aplikasi guna mempercepat pelaksanaan program kegiatan bagi peningkatan kualitas pelayanan dan kinerja sesuai dengan SKPD masing-masing.

JS Himbau Ketua KKPGA Usulkan Ada Khotba Tentang Anti Korupsi dalam Agenda MTPJB GMIM

RATAHAN, Menghadiri Ibadah Syukuran Natal dan Tahun baru Kerukunan Keluarga Pendeta Guru Agama(KKPGA) GMIM Rayon Minahasa Tenggara pada Rabu(15/01/2020) Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH dalam sambutannya menghimbau pada para Pendeta agar bisa membantu pemerintah untuk selalu mengingatkan pada Jemaat ataupun masyarakat akan bahaya dalam melakukan pelanggaran terhadap Tuhan karna ada penghakiman bagi yang melakukannya.

JS sapaan akrab dari Bupati Mitra ini juga menghimbau kepada ketua KKPGA mengusulkan ke sinode untuk agenda kerja dari MTPJB, dalam satu bulan ada satu hari yang disiapkan untuk khotbah tentang ‘Anti Korupsi” itu mulia di hadapan Tuhan, Ujarnya. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa ada juga anggota jemaat yang harus berurusan dengan hukum karena masalah “Korupsi”, tegasnya.

Di Akhir Sambutannya JS menekankan bahwa Gereja harus jadi garda terdepan dalam fungsi organisasi

Turut Hadir Wakil Bupati Drs. Jesaja Jocke Oscar Legi, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Mitra, Sekretaris Daerah Drs. Robby Ngongoloy dan para pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara.

Reposisi Pejabat Eselon II, III Dan IV

RATAHAN – Mewakili Bupati James Sumendap, SH Selasa(07/01/2020) Wakil Bupati Drs. Jesaja Jocke Oscar Legi Melantik Pejabat Eselon 2, 3 dan Ratusan Pejabat Eslon IV di jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara.

Di awali dengan pengukuhan Pejabat Eselon 2 dan 3 dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah/janji untuk Pejabat Eselon 4.

Wabup menuntun para Pegawainya mengucapkan Sumpah/janji yang di saksikan langsung oleh Bupati yang di dampingi Sekretaris Daerah, Forkompimda Dan para Anggota DPRD Mitra.

Bupati James Sumendap, SH dalam sambutannya menghimbau kepada pegawai yang baru dilantik untuk tetap rajin, giat dan yang paling penting Kerja Tim untuk percepatan Tujuan strategis dengan melakukan kerja cepat, tepat, Tuntas dengan tidak menunda nunda pekerjaan.

Apel Hari Ulang Tahun ke-48 Korpri Tahun 2019

Ratahan, Jumat, 29/11/2019 – Apel dalam rangka HUT -48 Korpri Tahun 2019 di halaman Kantor Bupati Minahasa Tenggara. Sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Minahasa Teggar Drs. Jesaya J. O. Legi dihadiri Kepala Perangkat Daerah dan seluruh ASN. Wakil Bupati dalam sambutan mewakili Presiden Republik Indonesia menyampaikan, bahwa sebagai presiden RI dan penasehat Nasional Korpri mengucapkan Selamat hut kepada seluruh anggota korpri yg ada di tanah air dan di seluruh perwakilan negara ri di luar negeri. Serta salam sekaligus memberikan apresiasi bagi KORPRI yg bertugas di pelosok-pelosok negeri, di pulau-pulau terdepan, kawasan perbatasan dan wilayah-wilayah terisolir. Mereka adalah abdi negara yg menjalankan tugas yg penuh dedikasi untuk memastikan negara hadir diseluruh penjuru tanah air. Terima kasih atas pengabdian yang diberikan kepada rakyat, bangsa dan negara.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati menyerahkan secara simbolis SK Pensiun an. Fentje J. Kamasi BA, (tmt pensium 1 maret 2020), Jan Ventje Pelealu (tmt pensiun 1 Februari 2020), Maria Martje Golung, S.Pd (tmt pensiun 1 juni 2020) dan Penyerahan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya 20 tahun pengabdian kepada Corry J. Ruata, M.Pd serta tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya 20 Tahun pengabdian Margaritha Tulenan, tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya 30 tahun pengabdian kepada Beatrix Rogahang, S.Pd.

Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2019

Ratahan, Kamis, (28/11/2019), Bertempat di Sport Hall Pemerintah Kab. Minahasa Tenggara, Wakil Bupati Drs. Jesaya J. O. Legi mewakili Bupati membuka kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2019 di Kabupaten Minahasa Tenggara. Kegiatan ini diikuti ratusan anak yang tergabung dalam kelompok belajar Paud di Kabupaten Minahasa Tenggara

Dalam arahannya, Wakil Bupati mengatakan perlu adanya kegiatan seperti ini untuk membangun daya minat anak sejak dini melalui edukasi seperti ini. Kegiatan yang dapat menunjang pengembangan generasi yang cerdas dan kreatif sebagai penerus bangsa khususnya Minahasa. Karena mutu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan masalah nasional. Dimana saat ini sudah menjadi perhatian bagi semua pengambil kebijakan, termasuk didalamnya Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara. Pemerintah sebagai lembaga negara, terus berupaya untuk menjebatani harapan dari para orang tua. Kegiatan dilaksanakan dalam dua hari yakni keterampilan anak dalam menggambar/ mewarnai, peragaan busana, bintang vocalia serta gerak dan lagu.

HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Kab. Minahasa Tenggara

Ratahan, Selasa (26/11/2019), HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dilaksanakan di Lapangan Ompi Ratahan yang di rangkaikan dengan hari guru.

Bupati Minahasa Tenggara, James Sumendap dalam arahan kepada ratusan guru dan kepala sekolah yang hadir bersama jajaran pejabat lingkungan Pemkab dan Pimpinan dan Anggota DPRD Minahasa Tenggara. Mengatakan, mulai hari selasa depan, seluruh siswa siswi yang ada di Kabupaten Mitra tidak harus menggunakan seragam sekolah namun menggunakan pakaian bebas rapi. Hal hal baru di hari penting ini karena sekarang adalah zaman milenial, jadi harus bisa tampil beda. Gebrakan hal-hal baru yang terus diterapkan Bupati Mitra, dinilai untuk meninggalkan kebiasaan lama dan mulai menyesuaikan dengan era Milenial. Diharapkan siswa dan siswi yang ada tetap bisa mematuhi semua aturan yang ada disetiap sekolah. Lepas dari itu, Bupati juga mengingatkan agar seluruh kepala sekolah dan guru yang ada, agar bisa brinovasi dalam hal pelaporan dan pembelajaran kepada siswa.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan hadiah/ penghargaan bagi guru dan sekolah berprestasi.

Pemkab Minahasa Tenggara Gelar Perkawinan Masal

Ratahan, Kamis, (21/11/2019) – Sebanyak 40 pasangan suami istri di Kabupaten Minahasa Tenggara dinikahkan secara massal oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, di Ratahan.
Bupati James Sumendap, yang diwakili Wakil Bupati Drs. Joke O. Legi mengatakan, sesuai kondisi dan data kependudukan masih banyak Pasutri yang belum disahkan. Karena sesuai Undang-undang perkawinan, negara menjamin hak warga negara untuk membentuk keluarga, serta melanjutkan keturunan melalui keluarga yang sah. Juga menjamin hak anak untuk hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan. Oleh karena itu merupakan solusi dari pemerintah, agar setiap pasangan mendapatkan pengakuan yang sah, dan resmi menjadi suami istri. Pasutri yang telah sah di mata negara itu juga langsung diberikan dokumen Akta Perkawinan dari Dispencapil tanpa dipungut biaya alias gratis. Tahun 2019 ini pemerintah menargetkan setiap warga Minahasa Tenggara memiliki dokumen lengkap kependudukannya, (KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Perkawinan, Akte Kematian dan Akte Perceraian).