Rapat Koordinasi Kabupaten Mitra 2018

Ratahan, mitrakab.go.id –  Rakor Evaluasi Pembangunan  sebagai sarana monitoring dan evaluasi terhadap semua kegiatan pembangunan Rabu 10/01/2017 digelar  di Lamet, Rakor diikuti oleh Bupati,  para Assisten, seluruh Pimpinan OPD, Camat ,Sekretaris  Kepala Bagian dan Kepala Bidang di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara.

Rapat ini  membahas tentang program tahun 2018, evaluasi kinerja, penjabaran program, kesiapan pemeriksaan BPK. Dalam Rapat arahan Bupati Pejabat ess. II, III, IV harus menunjukan manegerial kepemimpinan, kepiawaian memimpin , tugas dan fungsi harus ada di meja pimpinan. Bupati juga menyoroti kinerja yang terlalu lama dalam penyelesaian , ia berharap semua pekerjaan harus tuntas. “Belajar menjadi seorang pemimpin harus membereskan semua  harus selalu melakukan rapat, sudah tidak ada lagi apel mulai esok, setiap hari harus ada meting dan briefing, lebih profesional lagi membahas pekerjaan dan tupoksi masing masing, tuntas atau belum, progres report setiap hari terkait tupoksi apa yang dikerjakan,setelah jam 8 pagi langsung meting dan briefing dalam bentuk coffe morning mulai januari ini” Tegas Bupati.

 

 

 

 

Bupati Pimpin Apel Perdana 2018

Ratahan, mitrakab.go.id – Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap,SH memimpin langsung apel perdana pasca liburan Natal dan Tahun baru   yang juga dihadiri Wakil Bupati Ronald Kandoli,Sekrertaris daerah Kabupaten Minahasa Tenggara ,Para Asisten,pejabat pemkab serta seluruh ASN Pemkab Mitra pada Rabu 03/01/2018

Diawal sambutanya Bupati  menyatakan Tahun 2018 ini adalah tahun pengharapan dan kepastian karena dimana ada harapan disitu ada kepastian dan yang kita yakini disitu semua harapan mempunyai kepastian”.

“Menapaki tahun 2018 ini hendaklah kita bersama mengintropeksi diri serta merefleksikan diri kita apa yang telah lakukan di tahun 2017 dan membuat perencanaan apa yang hendak kita lakukan di tahun 2018 ini”.

“Saya yakin dan percaya di tahun 2018 ini saudara saudara tidak akan mengalami masa sulit tidak akan mengalami problem, karena semua yang saudara hadapi dan kerjakan sudah melalui sebuah perencanaan yang matang, pertama yang harus dilakukan kepala Perangkat Daerah (PD) harus segera membedah perencanaan yang dibuat melalui RKPD supaya kepala PD tidak bertanya lagi apa program yang akan di jalankan,mari sama sama belajar agar program dapat dijalankan dengan baik dan benar ujarnya.

Bupati menambahkan bahwa Rencana APBD 2018 dibuka dan dibicarakan dan dirapatkan serta memberi kesempatan kepada bawahan untuk memberikan masukan, langkah awal kerja kita agar supaya mengerti memahami apa yang yang tertuang dalam rencana kerja PD itu. Dalam Pilkada nanti Bupati berharap ASN harus netral.

“Mari dukung Undang-Undang Pilkada tapi gunakan hak politik anda sesuai hati nurani Semangat sangat penting dan jaga netralitas tuturnya.

Bupati mengucapkan Terima kasih karena para ASN telah menunjukan loyalitas dan dedikasi yang luar biasa,  “anda adalah orang orang terbaik saya orang orang hebat karena prestasi/pengharggaan  saya raih selama ini serta pencapaian Mitra sehingga disegani tak lepas dari peran saudara saudara serta doa masyarakat Minahasa Tenggara”.

Sehabis apel diserahkan secara simbolis  santunan jaminan  kematian dari BPJS ketenaga kerjaan  (Untuk BPD, Perangkat Desa & Tenaga Honerer) Oleh Bupati    dengan klaim asuransi Nominal Rp. 24.000.000 kepada ahli waris.

 

Pembukaan Bursa Inovasi Desa kab.Mitra

Ratahan, mitrakab.go.id – Pemkab Minahasa Tenggara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) setempat, Rabu Kamis 28/12/2017, menggelar Bursa Inovasi Desa.

Dalam sambutan Bupati Minahasa Tenggara yang diwakili oleh Asisten III Drs. Piether D.Owu, ME mewakili bupati Minahasa Tenggara membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa Kab.Mitra Sport Hall Kantor Bupati.

Di awal sambutannya Assisten III mengatakan bahwa” kita tahu bersama bahwa bursa inovasi desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa di lingkup kabupaten lebih khusus di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Kiranya lewat bursa inovasi desa dapat menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif. Ia berharap kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan. Sehingga apa yang didapat pada acara tersebut dapat diimplementasikan di gampong masing-masing sesuai dengan potensi sumber daya yang ada.

Sememtara itu kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs.Jotje Wawointana melaporkan bahwa  kegiatan-kegiatan yang akan dipamerkan dalam Bursa Inovasi Desa yakni kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa yang bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa.

Kegiatan diikuti para Camat, Hukum Tua, Pendamping Kecamatan dan Pendamping Desa.

 

 

 

 

 

Bupati Kukuhkan kepengurusan Kerukunan Keluarga Minahasa Tenggara Kalimantan Timur

Bupati James Sumendap,SH mengukuhkan kepengurusan Kerukunan Keluarga Minahasa Tenggara Kalimantan Timur di  Hakaya Plaza Balikpapan Pada Sabtu 09/12/2017

Dalam pengukuhan pengurus KKMT  juga menjadi ajang silahturahmi atau ajang baku dapa antara saya selaku pemerintah dengan warga Mitra di perantauan.  Dalam Sambutannya Bupati mengatakan  sudah merupakan tanggung jawab  selaku Bupati bagi masyarakat Mitra di perantauan,  karena biar bagaimanapun kaluan merupakan warga Mitra tapi sudah menetap di luar daerah dan beranak cucu. Pesan Bupati agar warga mitra di Kaltim baku baku bae,saling menunjang dan jangan pernah melupakan kampung halaman. “Perkumpulan seperti KKMT ini merupakan hal positif dimana kita selaku warga Mitra di perantauan biarpun saling berjauhan tempat tinggal akan tetapi dikarenakan ada perkumpulan ini menjadi saling bertemu berkumpul guna mempererat tali persaudaraan dan saling berkomunikasi”. Ujar Bupati

Ketua  KKMT Kaltim Eddy Tulandi mewakili  Pengurus yang baru dilantik mengucapkan terima kasih kepada Bupati karena bersedia hadir dan mengukuhkan pengurus KKMT Kaltim.

“Kami mendukung kepemimpinan Bupati dan tetap malanjutkan periode kedua, hal ini karena kami mengakui dan memang nyata komitmen bupati bagi masyarakat mitra, banyak perubahan yang terjadi di mitra sperti infrastruktur, penataan keuangam dan kepedualian Bupati terhadap Rakyat lewat program pro rakyat, pemimpin yang model begini yang layak dipertahankan” ujar Eddy Tulandi.

 

Turut hadir Wakapolres Balikpapan Kompol Yolanda E Sebayang, Kepala kesbangpol Balikpapan Drs.I Ketut Rasna, Kadis kesehatan Balikpapan Dr.Balerina Juul P.Pontolumiju, Sesepuh Kawanua Mitra di Balikpapan  Pdt. Ellon Pandaleke, Masyarakat Mitra Balikpapan,Samarinda,Tenggarong dan Bontang.

Dalam kegiatan ini Lima puluh  perwakilan diundang ke Mitra untuk menghadiri HUT Mitra Mei 2018 dan seluruh biaya akan di tanggung Bupati.

Susunan Pengurus Kerukunan Kawanua Minahasa Tenggara (KKMT) Sbb:

Penasehat : Pdt E.Pandeleke,Olvi Kawuwung,Vecky Korompis

Dewan Pembina: Jimmy Pandaleke,Joy Ngantung,Yeti Soputan

 

Ketua Umum :Eddy Tulandi

Ketua I            :Christian Soputan

Ketua II            :Dolvi Demas Ompi

Sekretaris        : Meyke Alfira Kolanus

Bendahara       : Elizabeth Worang

Bendahara II    : Immanuel Waluyan

Korbid Seni Budaya : Calvin Pangkerego

Korbid Humas  :Osthy Kosakoy

Korbid SDM       :Vecky Korompis

Korbid Umum    :Djoy Worang

Keamanan         :Modi Naray

 

Mitra Terima Penghargaan Peduli HAM

Surabaya, mitrakab.go.id – Kabupaten Mitra kembali meraih  penghargaan sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia tingkat nasional tahun 2016 dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diterima Bupati James Sumendap, SH  Peringatan Hari Hak Asasi Manusia se Dunia ke-69 tahun 2017 yang di hadiri Presiden RI Ir.Joko Widodo di The Sunnah Hotel Surakarta pada (10/12/2017). Bupati  mengatakan bahwa tahun 2015 lalu  kabupaten Mitra  juga memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM, dan tahun ini kita masih dipercaya sebagai daerah yang menjunjung kepedulian terhadap hak masyarakat.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi presiden melalui menteri Hukum dan HAM dimana dinilai konsisten memperjuangkan rasa keadilan di tengah masyarakat. “saya mengajak seluruh elemen untuk kerja bersama dan tetap menghadirkan keadilan HAM dan sosial bagi seluruh rakyat Minahasa tenggara demi kokohnya fondasi HAM yang kokoh di Indonesia” ucap Bupati. Bupati pada kesempatan itu didampingi asisten I Drs G.H Mamahit serta Kabag hukum Royke Lumingas,SH.

Bupati Hadiri Ibadah Menyambut Natal Jemaat GPDI ”Betlehem” Winorangian

Setelah satu hari penuh mengikuti beberapa kegiatan, Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH bersama Ketua DPRD Mitra Drs. Tavif Watuseke bersama rombongan Pemkab Mitra menghadiri Ibadah Menyambut Natal Jemaat GPDI ”Betlehem” Winorangian Wilayah Kecamatan Tombatu Utara. Ibadah tersebut dirangkaikan dengan Syukuran HUT ke-68 dari Pdt. Dance Silap-Kembuan, S.Th serta HUT Pernikahan yang ke-45 Tahun.

Bupati Resmikan Pasar Rakyat Kalait

     

3-12-2017. Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH didampingi Ketua DPRD Mitra Drs. Tavif Watuseke meresmikan Pasar Rakyat Touluaan Selatan. Acara tersebut dirangkaikan dengan Pengambilan Sumpah/Janji dan Pelantikan Pejabat Administrator, Pengawas dan Pejabat Fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara. Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 1302 Minahasa Letkol. Jubert Nixon Purnama, S.Th

Sekda IRUP Upacara HUT KORPRI Ke-46

29/11/2017. Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan HUT Ke-46 KORPRI di halaman kantor Bupati Mitra. Bertindak sebagai inspektur upacara mewakili kepala daerah adalah Sekda kabupaten Mitra Ir. Farry F. Liwe, M.Sc yang menyampaikan apresiasi untuk pengabdian para ANS. Dalam sambutannya Sekda menegaskan pada seluruh ASN agar lebih Profesional Bekerja Untuk Bangsa ini demi kemajuan Pemerintahan Kabupaten Minahasa Tenggara selain itu kita harus menyikapi secara responsif dan konstruktif berbagai kritik,” tukas Farry. Dalam Upacara Sekda yang membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo mengatakan sejak didirikan pada tanggal 29 November 1971, KORPRI telah menunjukkan peran dan tanggung jawabnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, bangsa, dan Negara sebagai organisasi yang mewadahi para Pegawai Negeri Sipil. Pada kesempatan ini Sekda juga memberi penghargaan kenaikan pangkat.

Bupati mengikuti pertemuan dengan CDB di Beijing

Beijing, mitrakab.go.id – Bupati Mitra James Sumendap bersama Asisten Administrasi Umum Setda Prov Sulut Royke Roring, Karo Ekonomi & SDA Franky Manumpil dan Direktur PDPS Vonny Paat menjadi utusan  Gubernur Sulut ke Cina, untuk mengikuti pertemuan  dengan CDB di Beijing bersama  rombongan Pemerintah RI.

Kehadiran Rombongan perwakilan Pemerintah RI, terkait undangan CDB (China Development Bank) yang merupakan Bank Pembangunan China untuk pertemuan tingkat tinggi antar kedua negara, di kantor pusat CDB di Beijing.

Dalam pertemuan ini, secara khusus membahas percepatan implementasi pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui program GMF (Global Maritime Fulcrum) dan BRI (Belt Road Initiative).

Pertemuan yang berlokasi di Kantor Pusat CDB di Beijing itu  membahas percepatan implementasi pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui program GMF (Global Maritime Fulcrum) dan BRI (Belt Road Initiative).

“Beberapa agenda yang dibahas seperti prospek kerjasama bidang ekonomi dan perdagangan, pembangunan infrastruktur serta bidang keuangan selain agenda kerjasama Bidang investasi,” ujar Bupati Sumendap dalam keterangan persnya, Senin (20/11) 2017.

Hadir dalam kegiatan terut, High Level Meeting RRT dan RI; CEO dari CDB, Experts, dan Pejabat Pemerintah RRT sementara Delegasi RI terdiri dari Para Deputi Kementerian terkait, Kemenko Maritim, BKPM, Bappenas, Perhubungan, Kementerian Perdagangan dan Perindustrian, Gubernur Sulut, Gubernur Bali, dan Gubernur Kalimantan Utara, Dubes Indonesia untuk Tiongkok, serta GM BUMN; Pelindo dan Angkasa Pura.