Bupati Berikan Piagam Penghargaan Kepada Polres Minahasa Selatan

Ratahan, Kamis (20/7/2017) Bupati memberikan piagam menghargaan Kepada Polres Minahasa Selatan yang diterima langsung kapolres AKBP Arya Perdana, SIK, SH, MSi atas kontribusi dalam menjaga kondisi keamanan, ketertiban serta kelancaran dalam pelaksanaan Idul Fitri dan pengucapan Syukur di Kabupaten Minahasa Tenggara yang berlangsung beberapa waktu yang lalu.

LPJ 2016 Disetujui Lima Fraksi DPRD Mitra

Ratahan, Kamis (20/7/2017) Bertempat di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara dalam rangka pembicaraan tingkat kedua atas rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Minahasa Tenggara Tahun Anggaran(TA) 2016 yang dipimpin oleh Ketua DPRD Drs Tavif Watuseke didampingi Wakil Ketua Tonny Lasut Am.Tm dan Katrien Mokodaser. Sebelum dalam tahap pengambilan keputusan terlebih dahulu mendengarkan pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD sebagai pernyataan politik dengan disetujui lima fraksi yang ada di DPRD dengan memberikan catatan-catatan yang hadrus ditindaklanjuti, untuk ditetapkan sebagai Peraturan Derah Kabupaten Minahasa Tenggara.
Dalam sambutan Bupati, LKPJ menjadi salah satu indikator kinerja, sarana komunikasi dan acuan pengawasan penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Mitra tahun anggaran 2016. Sesuai penyampaian dalam nota pengantar mengenai materi pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2016 disampaikan bahwa pertanggunjawaban pelaksanaan APBD 2016 merupakan agenda konstitusional tahunan Pemerintah Daerah yang secara yurudis  formal diatur dalam pasal 184 ayat 1 Undang Undang Nomor 32 Tentang Pemerintahan Daerah yang menyatakan bahwa kepala daerah menyampaikan rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggunjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD berupa Laporan Keuangan yang telah diperiksa oleh BPK paling lambat 6 bulan setelah TA anggaran berakhir. Pertanggunjawaban ini telah melalui pemeriksaan BPK dan mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP).
Rapat Paripurna ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Ir. Farry Liwe, Kapolres Minahasa Selatan AKBP Arya Perdana SIK, Danramil Belang Berty Somba, staf ahli DPRD dan para pejabat di lingkup Pemkab Minahasa Tenggara.

Bupati Hadiri Paripurna Rancangan Perda Pertanggung Jawaban APBD Ta. 2016

Ratahan, Kamis (20/7/2017) Bertempat di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara, dilaksanakan Rapat paripurna dalam rangka pembicaraan tingkat kedua atas rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Minahasa Tenggara Tahun Anggaran(TA) 2016 dipimpin Ketua DPRD Drs Tavif Watuseke didampingi Wakil Ketua Tonny Lasut Am.Tm dan Katrien Mokodaser. Sebelum dalam tahap pengambilan keputusan terlebih dahulu mendengarkan pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD sebagai pernyataan politik dengan disetujui oleh lima fraksi yang ada di DPRD dengan memberikan catatan-catatan yang harus ditindaklanjut, untuk ditetapkan sebagai Peraturan Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara.
Dalam Sambutan Bupati  LKPJ menjadi salah satu indikator kinerja, sarana komunikasi dan acuan pengawasan penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Mitra tahun anggaran 2016.  Sesuai penyampaian dalam nota pengantar mengenai materi pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA. 2016 disampaikan bahwa pertanggunjawaban pelaksanaan APBD 2016 merupakan agenda konstitusional tahunan pemerintah daerah yang secara yurudis  formal diatur dalam pasal 184 ayat 1 Undang Undang Nomor 32 Tentang Pemerintahan Daerah yang menyatakan bahwa kepala daerah menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang Pertanggunjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD berupa Laporan Keuangan yang telah diperiksa oleh BPK paling lambat 6 bulan setelah TA anggaran berakhir. Pertanggunjawaban ini telah melalui pemeriksaan BPK dan mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
Rapat Paripurna ini dihadiri oleh Pimpinan dan Anggota DPRD beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara Kapolres Minahasa Selatan AKBP. Arya Perdana, SH, SIK, MSi, Danramil Belang Berty Somba,

Bupati Canangkan Cetak Sawah Baru Minahasa Tenggara Tahun 2017

Minahasa Tenggara, Bupati James Sumendap,SH mencanangkan cetak sawah baru Minahasa Tenggara Tahun 2017 di  perkebunan Lohos Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur dengan luas Luas Cetak Sawah 25 hektar.
Pada kegiatan tersebut dihadiri langsung Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Sabar Simanjuntak S.IP, Msc beserta Ka.OPS Korem 131 Santiago Letkol TNI Musa David Hasibuan, S.IP, M.AB , perwira penghubung Mitra Mayor F. Kalalo, Kadis Pertanian Ir Elly Sangian,ME, Camat Tombatu Timur Jan Wawointana,SE, Kapolsek dan Danramil Tombatu, Hukum Tua Esandom Robby Rumbay, serta para petani
Bupati dalam sambutannya mengatakan program pencetakan sawah merupakan program pemerintah pusat yang harus dilaksanakan. Lewat program pencetakan sawah ini diharapkan para petani bisa termotivasi untuk kembali ke sawah, karena beras merupakan salah satu ketahanan pangan. Jadi program pemerintah dalam hal ini presiden  yang bekerjasama dengan TNI angkatan darat diharapkan dapat mensuport para petani lewat cetak ini. Selain itu bupati juga berharap agar lahan cetak sawah ini jangan dialihfungsikan jika dialihfungsikan akan berurusan dengan penegak hukum.
Sambutan Danrem 131 Santiago dalam sambutannya juga menyatakan kehadiran pihak TNI dalam pencetakan sawah, untuk mendampingi pihak Dinas Pertanian dan Pemerintah Minahasa Tenggara dalam hal ini Bupati, sekaligus juga mengawal program cetak sawah yang ada. Agar ada percepatan program cetak sawah dimana program tersebut adalah program dari pemerintah pusat. Ini juga menyangkut nawacita dari Presiden dimana pembangunannya dimulai dari pinggiran dan dilanjutkan ke perkotaan. Danrem juga berharap pengerjaan cetak sawah dapat dipercepat agar bisa segera digunakan untuk menanam padi. Mudah-mudahan dua minggu pengerjaan cetak sawah ini sudah selesai. Mudah-mudahan juga pada tahun depan lahan cetak sawah di mitra bisa lebih luas. Tahun depan bila perlu jangan lagi 100 hektar, harus bisa jadi 300 hektar agar pencapaian target lebih mudah.
Danrem berharap setelah sawahnya dicetak agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan usai program ini berjalan lahannya sudah tidak lagi dimanfaatkan untuk menanam padi.
Minahasa Tenggara akan memulai cetak sawah baru thn 2017 yang mendapat alokasi lahan 100 hektar. Rincianya Desa Esandom 25,4 hektar, Molompar 2 Utara 17 hektar, Toundanow 30,33 hektar, Lobu 27,63 hektar.
Percetakan sawah ini untuk memantapkan swasembada beras dan menunjang program pemerintah dalam rangka swasembada pangan. Minahasa Tenggara pada 2017 ini akan tercetak sawah seluas 3290 hektar.
Bupati memberikan perhatian serius terhadap bidang pertanian lewat program-program dan bantuan-bantuan baik bibit alsintan (alat pertanian), pembangunan infrastruktur penunjang pertanian berupa jalan perkebunan, embung, saluran irigasi dan masih banyak lagi, guna mensejahterakan petani di Minahasa Tenggara. Swasembada beras di Sulut lebih khusus Minahasa Tenggara berada diurutan ke dua setelah Bolmong.

Penyerahan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat dan Peralian Status

Ratahan, Senin (17/7/2017), Bersamaan dengan apel Korpri Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, Sekretaris Daerah Ir Farry Liwe, MSc  menyerahkan Surat Keputusan kenaikan pangkat periode 1 April 2017 dan Surat Keputusan Pengangkatan CPNS pegawai tidak tetap kesehatan tahun 2017, CPNS Penyuluh Pertanian Tahun 2017. Penyerahan Surat Keputusan Peralihan Status CPNS ke PNS Tahun 2017 di halaman Kantor Bupati.

Bupati mendampingi Gubernur Sulawesi Utara dalam Ibadah Syukur Hut ke 26 GMIM Anugerah Lowu Satu Wilayah Ratahan

Ratahan, Minggu 16/07/2017. Bupati James Sumendap, SH mendampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly  Dondokambey, SE dalam Ibadah Syukur Hut ke 26 GMIM Anugerah Lowu Satu Wilayah Ratahan. Yang turut hadir Ketua BPW Ratahan sekaligus selaku khadim Pdt Hermanus Paat, Ketua BPMJ Pdt Demsi Gosal
beserta Pejabat Pemprov.
Wakil Bupati Ronald Kandoli yang juga selaku ketua panitia HUT dalam laporannya mengatakan dalam rangka HUT ke 26 Tahun pelayanan 2017 diawali dengan kebaktian kebangunan rohani, dilaksanakan malam sabda nada dan dana untuk pembangunan, bekerja dengan Akademi Santa Lukas Tomohon melaksanakan pelayanan fisioterapis, dan ibadah puncak pada 16/07
Bupati James Sumendap, SH dalam sambutan mengatakan atas nama pemerintah mengucapkan selamat bersyukur bagi jemaat. Mengharapkan semua baku baku bae baku baku sayang dan jangan cepat percaya hal hal yang merusak tatanan kehidupan saudara bersaudara keluarga berkeluarga dan jemaat berjemaat.
Saya selaku bupati apalagi akan memasuki tahun politik berkewajiban menjaga dan selalu mengingatkan kepada warga agar tetap menjaga kerukunan kedamaian dan menghindari perpecahan bahkan pertikaian akibat kondisi politik yang pastinya beda satu sama lain.
Gubernur dalam sambutannya mengatakan selamat kepada jemaat yang merayakan hut ke 26, semoga dalam usia ini selalu ada berkat dari Tuhan Yesus Kristus. Membangun iman juga merupakan tanggung jawab pemerintah, pemerintah punya komitmen dalam rangka membangun ibadah yang merupakan salah satu penunjang dalam beribadah. Dalam membangun pemerintah dan gereja harus bekerja bersama sama seiring sejalan. Mari kita sama sama sinergikan antara pemerintah dan masyarakat agar program yang dijalankan dapat tuntas. Dalam acara ini Gubernur memberikan bantuan 250 juta untuk pembangunan Gereja.

Bupati Kembali Raih Penghargaan

Manado, Jumat (14/7/2017). Bertempat di Kantor BPK RI Perwakilan Sulut, Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara melalui Bupati James Sumendap kembali memperoleh piagam penghargaan dari BPK RI .

Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara telah dua kali mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemerikaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut atas LKPD tahun 2015 dan 2016.

Bupati menyatakan bahwa penghargaan ini diterima berkat kerja keras seluruh jajaran perangkat daerahserta dengan adanya penghargaan BPK ini, Bupati meminta seluruh ASN lebih bekerja keras sehingga kedepan pemeriksaan LKPD 2017 akan semakin baik lagi. Karna Piagam penghargaan dari BPK ini tentunya menjadi motivasi bagi Pemkab Minahasa Tenggara bisa lebih baik lagi dalam pengeloaan keuangan dan aset.

Bupati Pantau Pembangunan Resting Area Gunung Potong

          

Ratim, Rabu (12/07/2017). Usai melaksanakan sidak (Inspeksi mendadak) di Blok A, Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, SH melaksanakan peninjauan lokasi pembangunan resting area di lokasi gunung potong antara Pangu-Noongan, Kecamatan Ratahan Timur (Ratim). Saat turun lapangan lakukan peninjauan, Bupati didampingi Sekda Ir Farry Liwe, sejumlah Kepala SKPD, diantaranya pimpinan instansi terkait yakni Kepala Dinas Pariwisata Drs Desten Katiandagho dan Camat Ratim, Johana Untu.

Menurut Bupati, resting area yang akan dibangun menggunakan pola modern. Yakni bukan hanya sebagai tempat singgah untuk beristirahat sejenak bagi pengguna kendaraan, namun lokasi tersebut akan dijadikan salah satu tujuan objek wisata alam. Karena bangunan nantinya berlantai dua, yang di atasnya bisa memandang keindangan alam dan panorama Kabupaten Mitra dan Kabupaten Minahasa. Mengenai desain bangunan sudah ada beserta penataannya. Sehingga pihaknya sangat tgerbuka bagi siapa saja yang akan memberikan koreksi akan rencana tersebut. “Resting area ini nantinya bakalan menjadi salah satu ikon Kabupaten Mitra,” ujar Bupati.

Inspektorat Gelar Bimtek Implementasi Perundang-Undangan dan Evaluasi LPPD

          

Manado, Jumat (07/07/2017). Selama 3 hari semenjak 5 Juli dan bertempat di Hotel Grand Puri Manado, Inspektorat Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar Bimtek Implementasi Perundang-Undangan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), sekaligus melaksanakan evaluasi.  Bimtek yang dihadiri Sekda Mitra Ir Farry Liwe, MSc ini, menghadirikan pembawa materi  Noldy Basir, SP, ME dan Dyona Tatonya, SIP, ME, dari Ispektorat Propinsi Sulut.

Sekda mengatakan, bimtek ini sangat penting untuk capain kinerja penyelengaraan pemerintah daerah dan tugas yang telah dilaksanakan dalam satu tahun anggaran. LPPD ini nantinya akan disampaikan ke Pemprov sebagai wakil dari pemerintah pusat di daerah dan menjadi bahan evaluasi penyelengaraan pemerintahan daerah oleh pusat. LPPD secara legal normatif diatur dalam undang-undang Undang-undang Nomor 23 tahun 2014, dimana pemerintah daerah dalam hal ini kepala daerah wajib menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan dan laporan pertanggungjawaban pemerintahan daerah. Ini dimaksud agar mempercepat terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik serta kesejahteraan masyarakat Mitra. “Dari empat kategori penilaian yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang dan rendah, Pemkab Mitra sendiri pada tahun tahun 2015 meraih penilaian sangat tinggi dan berada pada posisi 4 dari 15 kabupaten/kota di Sulut. Untuk LPPD tahun 2016, kita optimis meningkat atau lebih baik,” ujar Sekda.

Inspektur Mitra Robert Rogahang mengatakan, reviu LPPD ini meliputi laporan program dan kegiatan perangkat daerah dan kecamatan yaitu SOP, Renstra, Renja, DPA, Perda, Laporan Keungan, RKA, dan IKK. Setelah dilakukam reviu, hasil kesimpulannya akan disampaikan ke provinsi untuk selanjutnya akan diperiksa Kementerian Dalam Negeri. Dalam pemeriksaan nanti, semua akan dikroscek.

Dandes Kali Oki Tombatu Bangun Jalan Baru

           

Tombatu, Jumat (07/07/2017). Pembangunan di Kabupaten Minahasa Tenggara saat ini sudah lebih berkembang. Mulai dari Ibukota Kabupaten, sampai ke desa. Terlebih khusus untuk Desa yang sekarang ini mendapatkan Dana Desa (Dandes). Tentunya dengan anggaran yang ada, Pemerintah Desa lebih dipermudah dalam hal membangun infrastruktur di Desa. Seperti yang dilakukan Desa Kali Oki Kecamatan Tombatu yaitu membangun jalan lorong sepanjang 71,5 meter dengan lebar 3,5 meter dan dan pembangunan jalan setapak sepanjang 157 meter dengan lebar 2 meter, hingga pembuatan talud.

Hukum Tua Desa Kali Oki Vanly Pongulu didampingi Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Alfret Ponomban mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mempermudah masyarakat melalui jalan alternatif yang sudah lama diusulkan oleh masyarakat. Dan dengan pembangunan ini, masyarakat begitu terbantukan dalam hal aktivitas. Baik itu kendaraan maupun pejalan kaki. Karena jalan lorong yang dibangun adalah jalur utama masyarakat mengaksesk ke lahan pertanian dan perkebunan. Begitu juga untuk jalan setapak yang dibangun sangat membantu masyarakat karena roda dua sudah bisa melintasi kawasan tersebut.

Selain pekerjaan tersebut, Dandes juga melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya pembangunan talud di 3 lokasi, rabat beton di 2 lokasi dan pembangunan drainase di 2 lokasi, bedah rumah atau pembanganunan rumah sehat. Pelaksanaan Dandes berdasarkan apa yang diputuskan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) secara bertingkat ke atas yakni Musrebnag Kecamatan dan tertuang dalam Rencana Kegiatan Prioritas Desa (RKPDes).