Tondano, Selasa (30/05). Wakil Bupati Minahasa Tenggara, Ronald Kandoli mengikuti apel siaga dan simulasi masing-masing Satgas Gunung berapi Soputan di MaKodim 1302 Minahasa di Tondano. Hal ini mengingat di Kabupaten Mitra terdapat Gunung berapi yang aktif dan berdampak jika terjadi letusan. Dengan demikian simulasi gunung berapi sangat penting untuk masyarakat Mitra.

Menurut Wakil Bupati, atas nama Pemkab Mitra maupun pribadi dirinya memberikan  apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap MaKodim 1302 dan jajaran kesatuannya karena telah menggelar simulasi. Apalagi simulasi itu melibatkan Pemerintah Daerah. Karena dengan begitu, pihaknya mendapat wawasan dan referensi bagaimana langkah-langkah yang diambil ketika adanya bencana letusan gunung berapi.

Sehingga pihaknya akan bekerjasama dengan Makodim 1302 untuk secara berkelanjutan mensosialisasikan bahkan melaksanakan praktek lanjutan melalui simulasi kepada masyarakat, terutama yang tinggal dilokasi gunung soputan.

Kerena simulasi adalah langkah yang sangat penting untuk meminimalisir resiko bencana. Jangan nantin adanya bencana baru kalang kabut menghadapinya. Menurutnya, simulasi merupakan proses pembelajaran bagi masyarakat dan bagi para petugas penyelemat, serta relawan. Sehingga saat terjadi bencana alam, semua pihak sudah siap untuk menyelamatkan diri dan juga sekaligus melakukan pertolongan pertama bagi para korban.

Kepala Diskominfo Mitra, I Made Alit yang turut hadir dalam simulasi itu mengatakan, kegiatan tersebut adalah hal mutlak untuk dilakukan. Mengingat di Kabupaten Mitra, rawan bencana alam yang bukan hanya bahaya letusan gunung berapi saja. Sehingga diperlukan teknik peningkatan kesigapan dan kesiagaan ketika adanya bencana.

© 2017, Teddy Rugian. All rights reserved.